logo

Salah Satu Kesenian Agung

Salah Satu Kesenian Agung



Wayang Kulit \Wayang Purwa

Wayang kulit atau sering disebut juga Ringgit Purwa adalah salah kesenian yang sangat elok di Negara Indonesia, khususnya di Jawa. Tidak hanya lingkup Nasional bahkan Wayang Kulit juga sudah mendunia (universal). Karena wayang kulit merupakan kesenian yang kompleks. mengapa dikatakan demikian, karena didalam pertunjukkan wayang kulit, tak hanya objek (wayang) yang indah namun juga gerak (tari) wayang, Iringan wayang (menggunakan alat musik gamelan ), serta cerita wayang  yang digarap secara apik dan tersusun rapi. 

Dalang sangat berperan penting dalam pertunjukkan wayang kulit.  Disini selain menjadi sutradara dalam pertunjukan semalam suntuk tersebut dalang juga menjadi tokoh - tokoh cerita wayang tersebut. Yang dimaksud menjadi tokoh adalah dalang harus bisa menggerakkan wayang, menyuarakan wayang, serta menjiwai tokoh - tokoh wayang tersebut. Sang dalang harus menguasai semuanya. Termasuk menguasai gendhing - gendhing , hafal sulukan, dan terpenting hafal lakon. Dikalangan dalang pun terkadang berbeda beda dalam menjalankan cerita atau sering dikenal dengan sanggit. Saking banyaknya dalang sehingga tak dapat diurungi menciptakan versi menurut karakter si dalang tersebut. Atau dalam masyarakat jawa sering terucap '' seje silit seje sanggit ''. Setiap dalang dalam menjalankan cerita berbeda namun isi cerita tetap mulih ( selesai ).

Kecintaan masyarakat jawa kepada wayang tak dapat dipungkiri lagi. Wayang kulit selain menjadi tontonan juga menjadi tuntunan. Pesan - pesan serta nasehat atau didalam bahasa jawa ''Wejangan" di dalam perrtunjukan wayang sangatlah baik. Dan penonton tak hanya sekedar menonton, dalang pun berharap para penonton dapat mengambil , membawa hikmah \ pesan - pesan dalam pertunjukan, untuk sangu (bekal) dalam menjalani kehidupan sehari - hari. Sehingga tercipta keharmonisan dalam masyarakat. Itu lah wayang kulit. Senjata paling ampuh dalam suatu negara tak lain adalah kebudayaan negara itu sendiri. Kita sebagai masyarakat Indonesia hendaknya berbangga mempunyai kesenian wayang kulit. Yang tak hanya sebuah hiburan namun juga memberi manfaat untuk masyarakat luas.
      




Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact