logo

Cara Mudah Merawat dan Mengelola Windows 7

Cara Mudah Merawat dan Mengelola Windows 7

cara Merawat dan Mengelola Windows 7

Assalamualaikum Wr. Wb.

Cara Merawat Dan Mengelola Windows 7

Dalam kegiatan merawat dan mengelola Windows 7 bukanlah hal yang sulit. Disamping caranya yang praktis, juga Windows tersebut bukan lagi suatu obyek yang rumit. Sebelum berlanjut pembahasan, sobat sudah tahukan, kalau Windows yang di maksud disini merupakan salah satu dari Sistem Operasi. Saat menggunakan PC atau Laptop, kita pasti tidak akan terpisah dengan Sistem operasi (OS). Karena Sistem operasi tersebut membuat si user dapat memanfaatkan Komputer untuk kebutuhannya. Tanpa sistem operasi, user hanya akan menemui sebongkah alat alektronik yang tak dapat bersinambungan dengannya. Serta tanpa sistem operasi, si user juga tak dapat menggunakan berbagai aplikasi yang dibutuhkan. Tapi terkadang si user kurang sadar bahwa OS juga butuh perawatan. Khususnya pada OS Windows 7 jika kurang perawatan tentu akan berdampak pada penurunan performa. Selain itu pula OS harus dikelola secara baik dan maksimal. Berikut saya akan membagikan beberapa cara merawat dan mengelolanya.

  • Defragment Hard Disk
Defragment Hard disk itu diperlukan. Karena diibaratkan sebuah kamar yang isinya berantakan maka akan merepotkan kita untuk mencari sesuatu sehingga akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk menemukannya. Sama halnya dengan Windows, jika isi hard disk kita berantakan maka bisa mempengaruhi pada kecepatan Sistem Operasi. Pilah-pilah data yang tersimpan dalam hard disk itu terjadi karena proses read-write file. Dengan makin sering kita lakukan proses read-write, contohnya seperti copy-paste, maka akan semakin besar juga kemungkinan terjadi fragmentasi hard disk. Maka karena itu defragment hard disk lah secara berkala. Bisa 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. Pada Windows 7 sudah disediakan tool untuk defragment yang bisa kita buka melalui Start > Accessoris >  System Tool > Disk Defragmenter. Ataupun dapat juga kita menggunakan Aplikasi dari pihak ketiga.
proses Merawat dan Mengelola Windows 7
Deframent Harddisk
  • Membersihkan Registry
Registry Windows bisa diartikan dengan sekumpulan basis data informasi dan konfigurasi sistem yang disusun secara hirarki. Adakalanya dalam registry terdapat banyak konfigurasi yang sudah tak digunakan. Registry editor dapat dibuka melalui Start> Run > ketik Regedit. Tapi perlu diingat, dengan menghapus data registrysecara manual tanpa ilmu yang lebih mendalam dapat beresiko pada rusaknya Sistem. Jadi untuk itu bisa pakai Aplikasi registry cleaner seperti  CCleaneratau TuneUp Utilities. Tapi sebelum itu sebaiknya kita back up dulu registry untuk berjaga-jaga. Caranya, pada Registry editor pilih menu file - export, kemudian simpan hasil backupnya.
proses Merawat dan Mengelola Windows 7
Registry Editor
  • Membersihkan Junk File
Junk file (file sampah) dapat memenuhi kapasitas hard disktanpa kita inginkan. Kehadirannya sulit terdeteksi, tapi kita bisa pakai Aplikasi disk cleaner dari pihak ketiga seperti CCleaner atau TuneUp Utilities. Tidak punya aplikasinya? Tenang saja, Windows 7 sudah menyediakan tool yang bernama Disk Cleanup. Yang terdapat di Start > Accessoris > System Tool  > Disk Cleanup.
proses Merawat dan Mengelola Windows 7
Disk CleanUp
  • Membersihkan Desktop
Desktop yang memiliki terlalu banyak shortcut tentu saja kurang nyaman di lihat. Selain itu juga bisa menambah beban OS untuk membaca seluruh shortcut sehingga dapat memperlambat proses boot. Perkara ini memang sifatnya relatif, tapi alangkah baiknya jika memasang shortcut seperlunya saja. Atau bisa kita hilangkan sementara.
Cara Menyembunyikan Icon Di Desktop
  • Amankan Dengan Anti Virus
Pakailah antivirus untuk melindungi Sistem Operasi Windows Sobat dari terornya virus maupun program-program jahat. Ada banyak anti virus yang menyediakan layanan free namun tetap berkualitas seperti MSE, AVG, Avira, Avast, dan masih banyak yang lain. Pastikan Sobat melakukan update antivirus supaya dapat mengenali virus-virus terbaru sehingga Komputer Sobat dapat terhindar dari kerusakan yang fatal akibat virus atau program jahat.

proses Merawat dan Mengelola Windows 7
Anti Virus MSE
  • Update Windows
Mengupdate Windows itu perlu. Pihak Microsoft sudah menyediakan update secara berkala untuk menambal celah yang terdapat pada Windows maupun aplikasi-aplikasi defaultnya. Update Windows berguna pula untuk meningkatkan kompatibilitas driver hardware sehingga fungsionalitas Windows dengan hardware semakin baik. Untuk melakukan Update dapat dibuka melalui Start > Control Panel > WindowsUpdate.
proses Merawat dan Mengelola Windows 7
Windows Update


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact