logo

Rangkuman Mobile Friendly dan Not Mobile Friendly

Rangkuman Mobile Friendly dan Not Mobile Friendly

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kembali dengan postingan kali ini saya akan mereview sedikit tentang perkembangan website masa sekarang yang sangat di utamakan Mobile Friendly.

Lantas apa yang dimaksud dengan Mobile Friendly itu?
Mobile Friendly yaitu ketika sebuah situs atau website di desain dengan baik untuk perangkat mobile. Hal ini sangat di sarankan agar sebuah situs atau website sobat di kunjungi pengguna mobile, maka tampilan situs sobat secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat mobile yang di miliki oleh pengunjung.

Tampilan Website mobile friendly dirancang khusus untuk akses melalui perangkat mobile, atau template mobile version dengan menggunakan fitur deteksi otomatis apabila terdapat akses melalui mobile phone, kemudian browser (Mozilla, Chrome, dll) akan diredirect ke template mobile version tersebut. Situs-situs berita besar paling lazim menggunakan versi ini dan menggunakan domain bercirikan akses mobile pada halaman versi mobile-nya (m.domain.com, mobile.domain.com, dll, ini tidak mutlak, cuma sebagai contoh saja), Facebook juga (m.facebook.com).


Kelebihan website yang Support Mobile Friendly adalah:
  • Tidak perlu membuat 2 alamat website

Biasanya, pemilik website untuk memaksimalkan tampilan websitenya di Komputer dan di Ponsel, mereka membuat website dengan 2 versi. Yaitu versi Desktop dan versi Ponsel atau kadang ada yang menyebut Website Mobile (tanpa kata Friendly). Artinya, mereka membuat 2 website dengan alamat yang berbeda. Misalnya Facebook yang memiliki alamat www.facebook.com untuk dekstop dan m.facebook.com untuk ponsel.
Tujuan mereka membuat 2 versi adalah agar tampilan websitenya mudah dilihat dan dibaca oleh pengunjung, karena di ponsel biasanya ukuran layarnya kecil, dan mereka harus menyesuaikan tampilannya menyesuaikan ukuran layar ponsel.
Namun dengan Website yang Mobile Friendly, pemilik website tidak perlu lagi membuat 2 versi atau 2 alamat website. Cukup alamat utama saja, misalnya palingpopuler.com, tanpa harus membuat versi m.palingpopuler.com, karena Website Mobile Friendly akan menyesuaikan otomatis jika dibuka di ponsel atau smartphone.

  • Dapat memudahkan akses bagi pengunjung
Karena dengan Mobile friendly pengunjung akan di suguhkan dengan tampilan yang cocok atau sesuai dengan Ponselnya masing-masing

  • Turut menaikkan peringkat di mesin pencari
Trafik yang masuk ke website mobile-friendly dapat menaikkan peringkat performa website Sobat di mesin pencari. Bagaimana bisa? Jika website Sobat hanya memiliki satu URL saja, pengunjung yang masuk melalui smartphone akan tetap dihitung berkunjung ke website Sobat. Selain itu, website mobile-friendly akan membuat Sobat up-to-date dengan algoritma Google terbaru, sehingga website Sobat dapat tampil lebih baik di mesin pencari.

  • Tampil di perangkat mobile dan desktop dengan baik
Terima kasih kepada desain responsif yang dimiliki oleh website mobile-friendly. Dengannya, website Sobat dapat ditampilkan secara sempurna di segala perangkat, mobile maupun desktop. Tampilan apik akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung website Sobat. Kalau mereka, pengunjung website Sobat, di tahun 2015 masih perlu scroll ke segala arah untuk melihat informasi di website Sobat, itu artinya Sobat ketinggalan jaman.

  • Lebih mudah di urus karena Cuma perlu satu website
Menggunakan website mobile-friendly artinya Sobat hanya perlu mengurus satu website. Ya, satu website untuk semua karena memang dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat apapun. Hal ini tentu berbeda dengan website mobile. Seperti yang diketahui, website mobile terpisah dari website versi desktop, dan Sobat perlu memperbarui keduanya apabila ada yang perlu ditambahkan. Lebih merepotkan, bukan? Untuk mempermudah, Sobat perlu membuat website mobile-friendly.

  • Pengalaman Pengguna lebih baik
Menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, pengunjung tidak perlu zoom in, zoom out, maupun geser ke kanan dan ke kiri hanya untuk mendapatkan informasi di website mobile-friendly Sobat. Sebagai hasilnya, pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan konversi pada website dan mengurangi angka rasio pentalan (bounce rate).


Selain yang Mobile Friendly, juga masih banyak website yang Not Support Mobile Friendly.

Not support mobile friendly secara prinsip adalah sama dengan web secara umum, yang dibuat dengan HTML, CSS, javascript, PHP. Namun perbedaannya adalah mobile website dibuat agar bagus untuk ukuran layar mobile device seperti smartphone atau tablet. Bila kita mengakses web yang memang dibuat untuk ukuran layar desktop komputer/laptop menggunakan mobile device maka akan ada scroll horizontal dan zoom yang tentu saja mengganggu kenyamanan pengguna (bad user experience).  Adanya mobile website tentu tidak akan ada lagi masalah scrolll horizontal dan zoom dimaksud. 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact