logo

Teknologi Dasar Komputer dan Website

Teknologi Dasar Komputer dan Website



Assalamualaikum Wr. Wb.

Ketemu lagi Sobat Blogger, pada postingan kali ini saya akan menambahkan beberapa informasi mengenai Teknologi Dasar Komputer dan Website
karena ini juga merupakan secarik tugas dari mata kuliah yg sedang saya tekuni (^_^)

Perkembangan teknologi keberadaannya sejalan dengan peradaban manusia. Untuk memahami apa itu teknologi informasi maka harus diuraikan arti dari kedua kata tersebut. Teknologi adalah alat yang digunakan manusia untuk membantu atau mempermudah aktifitas kesehariannya. Sedangkan informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari bunyi, tulisan ataupun simbol, yang memiliki makna dan dapat ditafsirkan. Jadi dari kedua kata tersebut teknologi informasi adalah alat yang di ciptakan dan digunakan oleh manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam menyampaikan informasi.

Terkait perkembangan teknologi informasi dalam kehidupan manusia keberadaannya sejalan dengan awal sejarah manusia. Pada awal sejarah manusia, pertukaran informasi telah terjadi dengan menggunakan bahasa. Bahasa pada saat itu merupakan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari komunikator kepada komunikan.

Permasalahan terjadi ketika bahasa tidak dapat disimpan dalam waktu lama, selain itu penyebaran informasi dengan menggunakan bahasa memiliki jangkauan terbatas, maka selanjutnya muncul penyampaian informasi dengan menggunakan gambar dan tulisan yang dibuat pada batu.

Bukti-bukti yang ditemukan para arkeolog menunjukkan pada zaman awal sejarah keberadaan manusia, mereka menggunakan gambar di dinding gua dan batu untuk menginformasikan suatu kondisi yang dialami. Selanjutnya ditemukan beberapa tulisan dalam bongkahan batu dan kulit hewan untuk menyampaikan informasi. Pada saat itu gambar dan tulisan pada batu dan kulit hewan merupakan teknologi informasi yang dimiliki.

Keberadaan teknologi informasi tersebut terus berkembang untuk memenuhi tuntutan kebutuhan manusia akan informasi. Teknologi informasi manusia saat ini adalah dengan penggunaan komputer dan alat komunikasi yang bias mengolah data, menginput data, dan menerima data.

Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat digunakan untuk keperluan pengolahan data apa saja menjadi informasi yang berguna. Hal ini dimungkinkan karena komputer dapat dikendalikan oleh program yang terdiri atas sederetan instruksi. Komputer akan bertindak sesuai intruksi yang diterimannya dari program. Dengan kata lain komputer akan bertindak sesuai keinginan pembuat program.



Komponen Yang Membangun Teknologi Informasi

Komponen teknologi informasi merupakan sebuah sistem yang terbentuk berdasarkan tujuan, mengenai apa yang ingin diketahui dari penggunaannya. Setidaknya terdapat tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu :

1. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras adalah perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi. Contohnya adalah monitor, CD-ROM, kabel jaringan komunikasi, flasdisk, telepon seluler, dan lain sebagainya. Perangkat keras terdiri dari perangkat input dan output yang digunakan untuk memasukan, dan mengeluarkan data dan informasi.

2. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak berupa program yang dibuat untuk keperluan pengguna teknologi. Perangkat lunak dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu :

a.      Perangkat Lunak System

Perangkat lunak system merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai suatu system yang utuh. Contohnya adalah system operasi windows, linux, unix, dan freeBSD.

b.     Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak pemrograman merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak system. Misalnya visual basic, delphi, turbo C, fortan, cobol, turbo assembler, dan lain sebagainya.

c.      Perangkat Lunak Aplikasi.

Perangkat lunak aplikasi adalah program jadi yang siap pakai untuk keperluan khusus. Contohnya adalah perangkat lunak untuk audio adalah Winamp, real player, sedangkan untuk keperluan statistic SPSS, minitab, liserl, AMOS dan sebagainya.

3. Perangkat Otak/Kecerdasan yang Dimiliki Manusia (Brainware)

Brainware merupakan orang yang menjadi pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Sebagai faktor penentu manusia menentukan bagaimana tinggi rendahnya pemanfaatan dari teknologi informasi tersebut. Untuk mampu meningkatkan pemanfaatan dari teknologi tersebut manusia harus terus mempelajari pemanfaatannya untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Data dan Informasi

Keberadaan teknologi informasi tidak akan terlepas dari dua aspek yang membentuknya, adapun kedua aspek tersebut adalah sebagai berikut :

·        Data

Data adalah fakta mentah yang didapatkan belum terorganisir. Terkait kegiatan pengumpulan data harus memperhatikan kredibilitas (keterpercayaan) dari sumber data. Adapun sumber data secara garis besar dibagi menjadi sumber yang berasal dari faktor internal dan data yang berasal dari faktor eksternal.

·        Informasi

Informasi adalah data yang telah terorganisir (telah direduksi) sehingga memberikan arti pada penggunanya. Data dapat menjadi sebuah informasi ketika diproses sesuai dengan karakteristik data tersebut. Kemampuan yang dimiliki untuk mengorganisir data menentukan keakuratan informasi.






WEBSITE


1. PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS WEB

Secara makna sebuah WEBSITE adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Nah dari makna itu, bisa kita fahami bahwa definisi website secara sederhana adalah informasi apa saja yang bisa di akses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

2. JENIS JENIS SITUS WEB (WEBSITE)

Secara umum, situs web digolongkan menjadi 3 jenis yaitu: Website Statis, Website Dinamis, Website Interaktif.

a.Website Statis

Dari kata statis atau "saja", sudah dapat kita pahami yaitu tidak berubah. Mudah bukan?

Tapi tentu tidak ada salahnya jika kita juga ketahui makna sebenarnya dari situs statis ini.

Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code (Html) yang menjadi struktur dari situs itu.

b. Website Dinamis

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

c. Website Interaktif

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan.

3. UNSUR-UNSUR PENUNJANG DALAM WEBSITE ATAU SITUS WEB

Untuk membangun sebuah website yang lebih advance, kita juga diharuskan untuk menyediakan unsur penunjang lainnya.

Diantara unsur-unsur website itu adalah sebagai berikut:

a. Nama domain

Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengenali sebuah situs, atau dengan kata lain nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di internet.

Seperti Domain dibawah ini  yang disediakan utk masing masing negara seperti :
Indonesia menggunakan .id
Singapura menggunakan .sg
Malaysia menggunakan .my

Untuk Indonesia terbagi menjadi beberapa sub domain seperti :
 .or.id : Untuk Organisasi
.co.id : Untuk Komersial
.go.id : Untuk Pemerintahan
.ac.id : Perguruan Tinggi
.sch.id : untuk Sekolah
.net.id : Internet Provider
.web.id : digunakan untuk umum

b. Web Hosting

Web Hosting adalah ruangan yang terdapat dalam harddisk
tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lainnya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.

c. Bahasa Pemerograman

Bahasa program Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website.

d. Desain website

unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website. Serta mempengaruhi dengan kenyamanan konsumen atau pembaca.

e. Publikasi website.

Keberadaan seakan kekurangan makna dan nilai kegunaannya jika dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi tadi.

APLIKASI BERBASIS WEB DAN DESKTOP

Aplikasi Berbasis Web merupakan suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet/intranet yang mendukung, tanpa perlu melakukan penginstallan di komputer masing-masing seperti pada aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat server aplikasi tersebut.

Aplikasi Desktop merupakan suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri atau independen tanpa menggunakan browser atau koneksi Internet di suatu komputer  dengan operating system tertentu. Biasanya aplikasi desktop ini harus di install terlebih dahulu serta filenya berekstensi .exe

Semua aplikasi yang ada di LAPTOP atau KOMPUTER Sobat, dimana bila dijalankan tidak perlu menggunakan jaringan internet itu tergolong Aplikasi Desktop. Tetapi jika ada aplikasi di laptop yang jika dijalankan menggunakan jaringan internet itu tergolong Aplikasi Berbasis Web.

Mungkin inilah sekelumit, yang bisa aku susun dari berbagai sumber, semoga bisa menjadi bacaan yang ada gunanya dikemudian hari (^_^)


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact