logo

Bahaya Radiasi Monitor Komputer Terhadap Kesehatan Mata

Bahaya Radiasi Monitor Komputer Terhadap Kesehatan Mata

Assamualaikum Wr. Wb.

Duduk di depan Komputer sudah lumrahnya memang sangat mengasyikkan, bisa jadi itu merupakan sebagai suatu pekerjaan maupun hanya sekadar untuk menambal waktu kosong  dalam kehidupan. Sudah sering memang kita mampu duduk di depan Komputer dengan waktu yang bisa sampai berjam – jam lamanya tanpa jeda untuk beristirahat. Apalagi pada masa sekarang ini sudah banyak di dunia internet bertebaran macam – macam social network atau Jejaring Sosial. Misalnya seperti Facebook dan Twitter. Atau bagi para Gamers, baik itu merupakan game – game yang offline atau game online yang banyak beredar di internet bisa jadi sebagai alasan buat kita mampu duduk berlama – lama di depan Komputer.

Pernahkah Sobat merasa saat sudah berjam – jam di depan komputer, tanpa kita sadari mata kita terasa pedih dan menjadi berair. Mengapa terjadi yang demikian, sedang galaukah kita? Sedihkah? Saat dipikir ternyata bukan ya Sobat. Lalu apa itu?

Ya,, itu merupakan pengaruh radiasi yang di timbulkan oleh layar Komputer.  Layar atau Monitor dari Komputer bisa menghasilkan beberapa radiasi yang semuanya itu tidak bisa di tahan oleh alat Panca Indera kita.

Berikut merupakan gelombang dan radiasi yang di hasilkan Monitor :
  • Gelombang Micro
  • Sinar X
  • Sinar Ultraviolet
  • Gelombang elektromagnetik frekuensi sangat rendah
  • Gelombang Radiasi elektromagnetik frekuensi amat sangat rendah
Radiasi yang di timbulkan oleh gelombang elektromagnetik tersebut dapat mengganggu kesehatan mata kita.

Kebanyakan gejala yang timbul adalah kelelahan pada mata, mata menjadi kering, dan pandangan menjadi kabur. Selain mata, anggota lain juga kadang ikut merasakan gejalanya seperti gangguan pada kepala, leher keram, atau bahu menjadi sakit.

Oleh karena semua itu, ada baiknya bagi Sobat – Sobat yang kegiatan sehari – harinya sering nangkring di depan Monitor Komputer, agar menjaga dan melindungi serta merawat matanya dari pancaran radiasi tersebut.

Berikut ini saya sediakan beberapa tips untuk dilakukan agar terhindar dari bahaya radiasi.
Silahkan dicoba :
  • Pakai filter pada layar komputer (pelindung), gunanya bisa mengurangi radiasi yang terpancar oleh monitor.
  • Pilih layar komputer yang rendah radiasinya, contohnya layar Liquid Crystal Display (LCD).
  • pandangan mata pada monitor perlu dijaga jaraknya, ideal jarak yang paling dekat adalah 45 cm.
  • Layar komputer harus disesuaikan dengan mata, terlalu tinggi juga bisa menggangu suplay udara ke otak, terlalu rendah pula dapat membuat leher sakit. Maka dengan sejajar lebih cocok untuk mata.
  • Cahaya monitor Perlu di sesuaikan dengan kenyamanan mata, terang dan ketajaman cahaya sangat penting untuk penglihatan pada mata, makanya dengan cahaya yang terlalu terang akan mengakibat mata jadi silau, tetapi jika cahayanya terlalu redup pula akan membuat mata ekstra bekerja untuk dapat mefokus tampilan, hal demikian akan membuat mata cepat lelah. Maka karena itu, sesuaikan brightness dan contrast pada layar Komputer supaya mata dapat melihat dengan nyaman.
  • Istirahatkan mata sejenak, hindari memandang terus – terusan pada monitor. Usahakan ada jeda dengan menyegarkan mata ke arah ruangan sekitar maupun tanaman hijau yang ada, supaya bisa mengistirahatkan dan mengendorkan mata. Juga bisa mengurangi penatnya pada mata.
  • Mengedipkan mata sesering mungkin, karena dengan berkedip, maka mata akan mengeluarkan air mata yang menyebar ke permukaan kornea supaya menjaga mata selalu lembab dan jernih demi menghindari mata menjadi kering.
  • Memakai kacamata lensa khusus. Pakailah kacamata yang lensanya dirancang untuk melihat komputer. Bagi pengguna lensa kontak juga bisa mengganti kepada lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel.
  • Perbanyak konsumsi vitamin A, ini berfungsi supaya mata selalu dalam kondisi baik dan terjaga.
Jika mata terasa mulai mengalami gangguan, segera periksa ke dokter untuk meyakinkan bahwa mata Sobat dlam keadaan sehat.

Demikian tips yang bisa sobat lakukan dalam menjaga kesehatan diri pribadi.
Pahamkan Sobat? Kalau kurang paham, tanyakan di komentar maupun di Fanspage saya.
Semoga Bermanfaat (^_^)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact