logo

Cara Praktis Backup Data Komputer Secara Efisien

Cara Praktis Backup Data Komputer Secara Efisien

Cara Praktis Backup Data Komputer Secara Efisien
Assalamualaikum Wr. Wb.

Solusi Praktis Backup Data Komputer Dengan Efisien


Memang sebenarnya dalam kehidupan teknologi, backup data sudah sering di dengar. Dengan membackup data kita akan terhindar dari kesalahan yang fatal akibat kehilangan data dari harddisk. Karena harddisk merupakan salah satu komponen komputer yang sangat rentan rusak tanpa diduga. Dengan sebab lengan yang terpancang melayang di atas ckram harddisk tersebut selalu berputar 5400 sampai 7200 kali putaran per menit. Maka dengan terjadi benturan yang walaupun cuma sedikit saja, akan dapat langsung merusak komponen dalam harddisk tersebut. Kerugian yang akan terasa besar bukanlah kerusakan pada fisiknya harddisk, melainkan datanya yang akan rusak, hilang tanpa berbekas, sangatlah di sayangkan. Mengembalikannya memang kadang bisa di lakukan dengan menggunakan jasa dari recovery harddisk, tapi ya harganya sangat mahal melebihi dari harga harddisk itu sendiri.

Maka solusinya yang sangat tepat yaitu backup data. Dikarenakan dengan membackupnya kita akan terbebas dari rasa kekhawatiran hilangnya data yang berharga. Dari sejumlah sumber mengatakan sebanyak 28% orang membackup data sebulan sekali, lalu 14 % lainnya melakukan backup data seminggu sekali, dan selanjutnya hanya sekitar 7% saja yang melakukan backup data setiap hari.

Secara prinsip sebenarnya semakin banyak melakukan backup maka semakin baik, tp ada kalanya sehari sekali saja sudah cukup. Dengan dibuat file backupnya 2 buah dan di tempatkan pada tempat yang berbeda telah cukup aman.

Berikut cara – cara backup data yang perlu di lakukan :


Burn ke DVD
Keping DVD merupakan salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk backup data. Karena dalam keping DVD bisa menampung hingga 4.8 GB kapasitas data. Dan yang lebih penting harganya relative sangat murah , hanya berkisar sekitar Rp.3000 per keping.

Copy ke dalam external harddisk
Cara ini bisa dikatakan merupakan salah satu cara backup data yang sangat banyak dilakukan , karena external harddisk menwarkan kemudahan dalam mengakses data yang telah tersimpan  di dalamnya dengan Cuma menghubungkan melalui port USB pada komputer. Dan juga sangat mudah dibawa – bawa. Lagi pula external harddisk sangat banyak jenisnya dan mudah didapatkan di pasaran.

Upload ke Internet
Cara backup data ini mungkin juga bisa dikatakan salah satu cara backup yang efesien. Dikarenakan kita tidak perlu repot lagi untuk membawa serta menyimpan DVD maupun external harddisk. Dan terpentingnya kita dapat mengakses kembali data backupnya dimanapun dan kapanpun kita butuhkan. Cuma kekurangan cara ini yaitu dengan kondisi negara kita Indonesia yang koneksi internetnya masih sangat kurang stabil dan merata.
Melalui cara ini kita bisa membackup data dengan mengupload data kita ke internet memakai layanan yang telah dibuat khusus dalam penyimpanan data.
Salah satunya yaitu DropBox.


Nah begitulah beberapa cara praktis melakukan backup data yang efisien 


Pahamkan Sobat? Kalau kurang paham, tanyakan di komentar maupun di Fanspage saya.
Semoga Bermanfaat (^_^)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact