logo

Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pernahkah di buat kesal oleh Komputer kesayangan Sobat, misalnya saat sedang asyik – asyiknya membuat suatu tugas penting, nah tiba – tiba sang Komputer kita Restart dengan sendirinya. Pasti sangat kesal kan, apalagi hasil kerja kita tersebut belum rampung untuk di simpan akhirnya hilang tanpa jejak dan menjadi sia – sia kerja keras kita. Pastinya Sobat tidak inginkan hal tersebut itu terulang kembali?

Untuk itu silahkan simak beberapa Penyebab Komputer Restart Sendiri dan cara mencegah supaya tidak terulang lagi di bawah ini:

1. Processor Terlalu Panas (Overheat)
Yang paling umum penyebab Komputer restart sendiri itu karena Processor terlalu panas atau biasa disebut Overheat. Sobat bisa melihatnya di system BIOS dalam menu Hardware Monitor.

Cara mengatasinya :
  • Periksa Kipas processor pastikan itu bekerja dengan normal.
  • Periksa Thermal Paste (pasta pada prosesor) apakah masih baik (tidak kering). Bersihkan dan tambahkan dengan yang baru.
  • Bersihkan pendingin pada prosesor (unit heatsink) dari debu.
  • Pastikan sirkulasi udara dalam casing berjalan dengan lancar.

2. Kurangnya Daya Dari Power Supply
Pasokan daya yang kurang dari Power Supply menyebabkan Processor tidak cukup menerima daya, akibatnya Komputer akan Restart dengan sendirinya.

Cara mengatasinya :
  • Gantilah Power Supply yang lebih baik.
  • Standarnya penggunaan Power Supply saat ini minimal kapasitas saya 530 watt.

3. Harddisk Bad Sector
Rusaknya Harddisk menyebabkan gagal pembacaan data dalam Harddisk. Itu juga menjadi sebab Komputer Restart Sendiri.

Cara mengatasinya :
  • Scan harddisk dengan tool bawaan dari Windows atau Software dari pihak ketiga untuk memperbaiki kerusakan seperti bad sector.
  • Lakukan defragment harddisk, supaya penyusunan file rapi kembali dan mencegah cepat rusak, dan juga hindarkan harddisk dari goncangan.

4. RAM Rusak
RAM yang rusak mengakibatkan kegagalan dalam menyimpan maupun pembacaan memory, juga sering kali menjadi penyebab Restartnya Komputer.

Cara mengatasinya :
  • RAM yang terpasang pada Komputer pastikan berfungsi dengan baik.
  • Jika sudah konslet gantilah dengan yang baru.


Demikianlah Artikel kali ini saya berikan.
Pahamkan Sobat? Kalau kurang paham, tanyakan di komentar maupun di Fanspage saya.
Semoga Bermanfaat (^_^)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact