logo

Tokoh Pelopor Campursari

Tidak dipungkiri lagi, budaya campursari kini telah menyebar luas, tidak hanya di Pulau Jawa bahkan sudah merajalela diluar Jawa. Disetiap orang jawa mempunyai hajat atau dalam bahasa jawa " duwe gawe ", akan terasa ramai ( regeng ).

Sebenarnya campursari dari dulu sudah ada, tokoh seniman ternama Ki Narto Sabdo adalah termasuk salah satu pencetus lagu campursari. Campursari sendiri mempunyai makna mencampurkan suatu sari rasa dari satu dengan yang lain. Jelasnya didalam gamelan mempunyai garab dan karakter musik yang berbeda.

Karya yang berbau campursari yang telah diciptakan Ki Narto Sabdo misalnya lagu gamelan bernuansa Dangdut seperti Prau Layar, Begadang dan banyak lagi.

Bisa dikatakan tokoh fenomenal ini adalah orang pertama yang memasukan karakter lagu dangdut kedalam gamelan. Lagu ciptaan beliau hingga kini masih exsis dan populer, dikalangan dewasa, tua bahkan anak-anak.

Setelah Ki Narto Sabdo, pelopor fenomenal yang telah memadukan gamelan dan musik adalah Manthous. Seniman yang berasal dari Jogja ini telah mempopulerkan tembang Jawa dan langgam, baik ciptaan orang lain maupun lagu dan langgam hasil karyanya.

Manthous adalah tokoh fenomenal yang sangat berpengaruh dan berjasa dalam perkembangan musik campursari di tanah Jawa bahkan seluruh Indonesia, kenapa begitu hampir semua seniman campursari terinspirasi dari lagu dan langgam jawa ciptaan beliau.

Itulah tokoh-tokoh fenomenal yang berpengaruh dan berjasa terhadap budaya campursari, hendaknya kita selalu melestarikannya. Namun jangan sampai melupakan dari mana asal dari campursari itu sendiri. Pada dasarnya itu semua dari alat musik warisan leluhur yaitu gamelan.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact