logo

Khasiat Tanaman Jengger Ayam

Khasiat Tanaman Jengger Ayam

Bunga jengger ayam mempunyai rasa yang manis, selain itu sifatnya sangatlah sejuk. Ternyata tanaman ini mempunyai manfaat dan khasiat yang banyak, seperti obat anti radang, menghentikan pendarahan atau hemostatis, dan dapat mengobati penglihatan. Bagian bunga adalah obat yang dapat dimanfaatkan. Siapkan 10 hingga 15 gram bunga yang telah dikeringkan, lalu rebus dan minum airnya. 

Bunga Jengger Ayam sebagai obat luar. Caranya, rebus bunga yang masih segar, setelah dingin gunakan air tersebut untuk membasuh atau mencuci luka yang berdarah, wasir berdarah, atau gatal – gatal ( pruritus ). Atau gunakan bunga segar dan haluskan, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit karena gigitan serangga.

Pendarahan Rahim

Larutkan 6 gram bubuk bunga jenger ayam dalam 15 gram arak. Minumlah sekaligus sebelum makan nasi, namun jangan memakan yang anyir seperti ikan, telur dan sejenisnya. Cara lain mengolah sebagai berikut: ambilah 5 gram bubuk bunga jengger ayam, seduhlah dengan air panas dan tutup hingga dingin. Minumlah hingga habis 3 kali dalam sehari.

Disentri dan Diare

Siapkan 15 gram bunga jengger ayam, 15 gram sambiloto ( Andrographis paniculata ), dan 10 gram patikan kebo ( euphorbia hirta ). Keringkan semua bahan diatas dan rebuslah dengan air tiga gelas, hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum sarapan. Rebus sekali lagi ampasnya dan minumlah pada sore hari.

Keputihan

Sediakan 15 gram bunga jengger ayam dan sambiloto ( Andrographis paniculata ), dan 10 lembar ller segar ( coleus scutellarioides). Hampir sama dengan cara mengatasi Disentri dan Diare, rebus dengan air tiga gelas. Sisakan satu gelas dan dinginkan, bila sudah dingin, saring dan minum sampai habis, pada sore hari rebus kembali  ampas tersebut dan minumlah airnya.

Selain itu Tumbuhan Bunga Jengger Ayam dapat diminum setiap hari untuk kesehatan tubuh, rebuslah 15 gram Jengger Ayam bersama akar alang – alang dan urang – aring dengan air sebanyak tiga gelas, dinginkan dan minum setiap pagi dan sore hari.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact