logo

4 TINDAKAN PENYEBAB ANAK MENJADI PEMBOHONG

4 TINDAKAN PENYEBAB ANAK MENJADI PEMBOHONG


Anak yang suka berbohong adalah hal yang meresahkan, sebagai contoh seorang pelajar yang berbohong ketika dia terlambat pulang dari sekolah, pada saat ditanya oleh orang tuanya mereka beralasan yang tidak jujur. Bohong dijadikan hal yang biasa dan tabu.

Perilaku ini mungkin saja disebabkan oleh orang tua itu sendiri, apakah yang menyebabkan itu? marikalh kita teliti dan sebisa mungkin dihindari.

1. BERBOHONG

Anak adalah seperti mesin memory yang super, dan mudah meniru. Apa saja yang dilakukan,
diucapkan oleh orang tuanya dari kecil telah tersimpan dan mendarah daging. Kebiasaan pada orang tuanya akan diserap dan menancap hingga dia berkembang dewasa. Jadi sebagai orang tua kita harus berhati - hati. Sebagai contoh, ketika anak menangis, orang tua mendiamkan dengan cara mengiming - iming " diam dik nanti kalau diam papa/mama belikan mainan", kata kata seperti ini akan disimpan dalam memory otak dan bila orang tua tidak menepati janjiya, maka anak akan menganggap berbohong dan tidak menepati janji adalah hal yang boleh dilakukan.

2. MENGAJARI BOHONG

Sadar atau tidak orang tua telah mengajari berbohong, Contoh : ketika ada seorang pengamen datang orang tua menyuruh anaknya  " papa dan mama tidak ada dirumah ", Ini akan menjadikan anak tersebut terbentuk jiwanya menjadi pembohong. Jangan salahkan bila suatu saat anak itu akan berbohong dan jangan bertanya siapa yang mengajari.

3. MENGHUKUM SAAT DIA JUJUR

Anak yang jujur akan berlatih menjadi pembohong, contoh saja ada seorang anak yang memecahkan pot bunga, ketika dia jujur pada saat ditanya, malah ayah dan ibunya menghukum anak tersebut, bila ini terjadi maka anak suatu saat akan takut berbicara jujur dan beralasan atau tidak mengakui ketika dia berbuat kesalahan.

4. APRESIASI BOHONG

Anak bisa saja berbohong pada pertama kali, diapresiasi ayah dan ibunya. Misalnya anak itu membohongi kakak atau adiknya, lalu ayah atau ibunya tertawa terbahak - bahak. Ini bisa menjadikan anak menganggap berbohong adalah hal yang luar biasa dan mereka akan menikmati tindakanya itu.

Oleh karena itu sebelum menyalahkan anak, ayah dan ibu hendaknya meneliti dan berhati - hati setiap kata dan perilaku yang ditampilkan pada si anak.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact