logo

INI LAH TOKOH UTAMA DALAM PEWAYANGAN YANG MENJADI MOTIVASI PARA WANITA

INI LAH TOKOH UTAMA DALAM PEWAYANGAN YANG MENJADI MOTIVASI PARA WANITA


Dewi Kunthi

Dewi Kunti didalam Mahabarat disebut dengan Dewi Prita. Ia putra kedua, Putri satu satunya dari Prabu Kunthiboja, Raja Mandira dengan Pramaisuri Dewi Dayita. 

Dewi Kunti berwatak penuh belas kasih setia dan wingit. Sayang, karena kesalahannya mempergunakan aji pem
anggil ( Aji Gineng ) pemberian Resi Druwasa, Dewi Kunti harus mengalami aib dimasa remajanya. Ia hamil oleh Bethara Surya dan melahirkan putra lelaki yang diberikan nama Basukarna, yang setelah besar dikenal dengan nama Adipati Karno.

Dalam perkawinannya dengan Prabu Pandhudewanata, raja negara Astinapura, Dewi Kunti dikaruniai tiga orang putra, Puntadewa, Bima dan Arjuna. Sementara dari istri Dewi Madrim, Pandhudewanata mempunyai dua putra kembar, yakni Nakula dan Sadewa. 

Ketika Prabu Pandu dan Dewi Madrim meninggal, kelima Pandhawa masih kecil-kecil. Mereka diasuh oleh Dewi Kunti dengan penuh kasih sayang. Kunthi selalu mengajarkan arti hidup, dan mendidik para  Pandhawa menjadi Satria utama. Terbukti ketika Prabu Pandhudewanata meninggal, Pandhawa dimusuhi oleh saudaranya para Kurawa, namun Para Pandhawa tetap bersabar dan tegar. 

Tokoh Kunthi bisa menjadi contoh para wanita sedunia, kegigihan dan kasih sayang kepada anak-anaknya tidak ada batasnya. Ketika Nakula dan Sadewa kelaparan, Kunthiboja mengatakan rela mati untuk dimakan dagingnya. 

Itulah kenapa Dewi Kunti sangat berpengaruh dan berperan penting dalam kehidupan Pandhawa, hingga akhirnya menjadi Satria utama serta disegani.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact