logo

Sejarah Nama Buaya Hingga Menjadi Innova

Sejarah Nama Buaya Hingga Menjadi Innova

Produk dari vendor Toyota yang menjadi kendaraan masyarakat di Indonesa adalah Kijang. Mobil ini diluncurkan pertama kali di kota jakarta pada tahun 1975, dan disaksikan oleh Mantan Presiden Soeharto. Rilis pertamakali mobil ini sempat menjadikan bimbang pada calon pengguna karena waktu itu Colt dari Mistubidhi sudah merajai pemasaran mobil di Indonesia.

Mobil Kijang generasi pertama muncul dengan menggunakan konsep pick up serta memiliki bentuk kotak. Kaarena tutup kap mobil ini dapat dibuka lebar hingga kesamping, maka orang - orang sering menyebutya dengan nama unik dan lucu, yaitu Kijang Buaya.

Tahun 1977 vendor Toyota memproduksi mobil generasi pertama sejumlah 1.168, berjarak tiga tahun (1978) mereka meningkatkan jumlahnya hingga 4.624 unit. Penambahan produksi yang banyak terjadi karena masyarakat merasa bahwa, mobil keluaran industri Toyota tersebut sangat cocok dengan konsep serba guna selain itu
terbukti Kijang bisa dibilang mudah dalam hal perawatan. Konsep Serba guna dan kemudahan dalam perwatan sejalan dengan peraturan negara Indonesia, yakni menerapkan konsep pembangunan ekonomi melalui perkembangan otomotif.

Generasi kedua muncul pada tahun 1981 dengan bentuk yang berbeda dan perubahan spesifikasi pada mesin. Nama unik dan lucu juga diberikan ada mobil ini masyarakat Indonesia menyebutnya dengan Kijang Doyok. Sebutan Unik tersebut diambil dari sebuah tokoh kartun bernama Doyok pada pos harian (Pos Kota). Spesifikasi mesin dengan 4K memiliki kapasitas 1300cc, mengusung transmisi masih 4 percepatan. Hingga tahun 1983, permintaan konsumen tetap meningkat dan akhirnya Toyota melakukan perubahan kembali pada mesin menjadi tipe 5K berkapasitas 1500cc namun irit bahan bakar.

Generasi ketiga tabun 1986 tampil dengan model yang modern, memiliki bentuk lebih melengkung, dan spesifikasi yang sedikit berbeda. Kijang pada tahun tersebut mengeluarkan dua model yakni Kijang Super dan Kijang Grand Extra . Kedua model ini bisa dibilang mempunyai life cycle yang panjang, hampir dua dekade. Berbeda dengan Generasi Kedua yang memiliki bentuk kotak.
 
Generasi keempat muncul tahun 1997 dan dikenal masyarakat dengan Kijang Kapsul. Toyota memaksimalkan interior dan eksterior sehingga tampi aerodinamis. Selain itu generasi keempat oleh Toyota mengeluarkan dua mesin yang berbeda (mesin diesel - mesin bensin) dan ukuran ( panjang-pendek).

Generasi kelima, Kijang muncul dengan tambahan nama Innova dan tampil dengan desain yang bagus dan sangat berbeda dengan konsep lama. Bila dulu model kelas rendah, Tahun 2004 Innova tampil dengan desain kelas menengah keatas. Tidak lagi tampil dengan bagian depan tajam.
All New Kijang Innova telah diluncurkan pada bulan November 2015 bertempat diJakarta, tepatnya Hotel Fairmount. Generasi keenam ini muncul dengan banyak model. Ada tiga model yakni model G memiliki model dan harga untuk kelas bawah, V untuk harga serta model merupakan jenis varian menengah, dan varian tertinggi pada model Q.







Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact