logo

BALADEWA ( KAKRASANA )

BALADEWA ( KAKRASANA )

Baladewa adalah salah satu tokoh dalam pewayangan Mahabarata. Tokoh ini adalah kakak dari Kresna. Saat masih Muda Kakrasana, Kresna, Udawa dan Roro Ireng ( Sembadra ) hidup bersama Ki Demang Antiogopa serta Ibunya Sagopi. Mereka bertempat tinggal di Widarakandhang, daerah Negara Mandura.

Baladewa mempunyai watak jujur, adil dan bila ada seseorang mengganggu keluarga atau sahabatnya, maka Baladewa akan naik darah dan pemarah.

Walaupun begitu bila Baladewa mendengar nasehat Kresna maka akan segera turun amarahnya.

Baladewa mempunyai pusaka yang ampuh yakni Alugoro dan Nenggala. Keduanya diperoleh ketika kakrasana bertapa disebuah gunung didalam gua. Ketika bertapa dia diganggu oleh seekor Naga, Mereka bertarung dan saat Naga berhasil dimusnahkan, Naga berubah menjadi Bethara Bromo. Dan saat itu juga Baladewa diberi dua pusaka tersebut oleh Bethara Bromo.

Alugoro adalah pusaka yang ampuh, dan Nenggala juga tak kalah ampuh. Keistimewaan Nenggala bertempat ditelapak tangan, dan ketika saat terdesak maka Nenggala akan muncul keluar dari telapak tangan dan berwujud tombak.

Dewi Erawati adalah istri dari Ratu Mandura ini. Sayangnya Baladewa mendapat Wahyu wadat dan mempunyai satu anak. Pada Akhir Baratayudha Baladewa sempat membantu Para Cucu dari Pandhawa untuk menghadapi musuh.



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact