logo

Cara Mengatasi Efek Negatif Pemanfaatan Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan

Cara Mengatasi Efek Negatif Pemanfaatan Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan

Penting untuk menanggulangi efek negatif dari pemanfaatan teknologi informasi, terutama di dunia pendidikan
Agar penggunaan TIK lebih optimal dan di jalankan dengan baik dan benar, berikut ada beberapa metode pemecahan masalah agar dampak negatif dari TIK dapat tertanggulangi.

1. Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.

2. Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.


3. Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam ber-TIK agar TIK dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.


4. Perlu ada kesadaran peran dan kerjasama antara seluruh pengguna lanyanan TIK.


5. Menggunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.


6. Pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi seharusnya lebih peka dan menyaring apa-apa saja yang dapat di akses oleh para pelajar dan seluruh rakyat Indonesia di dunia maya. Selebihnya, 


Kementrian juga bisa menyebarkan filter berupa program software untuk menekan dampak buruk teknologi informasi. Kedua, perlu adanya dukungan dari orangtua, tokoh budaya hingga kalangan agamawan, untuk mensosialisasikan tentang saran, manfaat dan sisi positif Teknologi Informasi dan Komonikasi.

7. Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.


8. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan cybar task forte yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah.


Jadi, solusinya adalah kita harus bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komonikasi dengan baik dan maksimal, karena kalau kita bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komonikasi secara baik dan maksimal maka akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Yang terpenting adalah dari diri kita sendiri untuk menggunakan teknologi moderen ini secara sehat.

Intinya, teknologi Informasi Komonikasi berkembang sangat begitu pesat, perkembangan ini bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, minggu, atau hari, melainkan dalam hitungan jam, menit, ataupun detik. Perkembangan Teknologi Informasi tersebut berdampak pada dunia pendidikan khususnya dalam proses pebelajaran, melalui teknologi informasi berbagai informasi dapat diperoleh dengan mudah.

Di dalam dunia pendidikan, peran IT atau teknologi informasi dijadikan nilai mutlak yang harus dikuasai untuk menyambut era globalisasi dengan persaingan kemajuan teknologi yang pesat. Disamping Teknologi informasi memiliki berbagai macam keuntungan dan dampak positifnya, teknologi informasi juga memiliki banyak dampak negatif. Intinya, untuk menghindari dampak negatif dari teknologi informasi komonikasi kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik dan maksimal.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact