Home » , , » Dampak Teknologi Informasi Bagi Setiap Lini

Dampak Teknologi Informasi Bagi Setiap Lini

Berbagai Macam Dampak yang Ditimbulkan dari Kemajuan Teknologi
Pada dasarnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak pernah berhenti dan manusia selalu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan rutinitas kesehariannya.

Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat maka banyak hal-hal yang ditimbulkan atau diakibatkan dari perkembangannya, entah itu dari dampak positif ataupun dampak negatifnya. Dampak-dampak tersebut mungkin telah sering kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari entah itu sengaja maupun tidak disengaja.

Dampak tersebut terbagi dalam beberapa bidang, entah itu bidang kesehatan, politik, bisnis, komunikasi, kebudayaan dan sebagainya. Siapa saja yang menikmati dampak tersebut dan apa yang disebabkan oleh dampak tersebut? Mari kita telusuri lebih lanjut.       

Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dalam bidang kebudayaan mungkin sudah banyak sekali, dan sering kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari seperti mudahnya mencari sebuah informasi pengetahuan di dalam internet, sehingga dapat mengembangkan wawasan dan pemikiran penerus bangsa. Dampak positif lainnya adalah mempermudah masyarakat dunia dalam mengenalkan budaya-budaya mereka yang telah diturunkan dari nenek moyangnya.
               
Dimana ada dampak positif, pasti selalu ada dampak negatifnya (semacam pro dan kontra). Tidak sedikit dampak negatif yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan komunikasi kepada generasi penerus bangsa. Contoh paling sederhananya adalah membuat generasi penerus bangsa (generasi muda) malas dalam belajar dan membaca buku di perpustakaan sekolah atau universitas dikarenakan mudahnya mencari informasi dari internet.

Dampak yang lainnya adalah banyaknya penipuan dalam dunia maya entah itu penipuan yang kecil hingga penipuan yang besar dan merugikan masyarakat-masyarakat yang terlibat, dan dampak yang paling memprihatikan adalah adanya kasus klaim budaya di beberapa daerah atau beberapa negara yang menimbulkan konflik di kedua pihak negara tersebut yang dapat merugikan kedua negara tersebut.
               
Oleh karena itu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi harus diikuti dengan pemikiran positif dari semua masyarakat dunia agar tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat merugikan beberapa masyarakat bahkan beberapa negara.

Kita merujuk abad 20 sebagai abad informasi internet, televisi, dan telepon. Ini berbeda jauh dengan abad ke-19, yakni abad teknologi Gutenberg alias mesin cetak. Ikwal mesin cetak ini, seperti didalilkan Benedict Anderson, berkontribusi pada pembentukan negara bangsa. Kapitalisme cetak, menurut Anderson, membikin kelompok-kelompok yang tidak pernah bertemu muka secara langsung mulai berpikir bahwa mereka adalah bagian dari komunitas bernama “Hindia” dan kemudian “Indonesia”. Inilah peran dari koran-koran di masa pergerakan.

Boleh jadi, di abad 20 ini, semua itu sudah berubah: teknologi abad 21 menembus batas-batas yang diimajinasikan manusia abad 19, yakni negara bangsa. Teknologi baru ini telah menarik dan mempertemukan manusia dari berbagai benua dan bangsa hanya dengan memencet tombol dan menggerakkan mouse. Imajinasi manusia abad-21 jauh lebih luas ketimbang manusia jaman Minke (Tirto Adhi Soerjo)—nama tokoh dalam Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Ini membawa perubahan tentang bagaimana generasi dulu dan sekarang memahami bangsa. Kalau dulu, karena keterbatasan interaksi dan persamaan nasib, bangsa bisa jadi memang seperti yang dibayangkan Anderson sebagai  “imagined communities”. Sedangkan bagi generasi muda sekarang, bangsa tak lebih dari sebuah identitas politik.

Perkembangan teknologi informasi dari mesin cetak ke visual (citra, tanda, gambar, dan teks) juga membawa perubahan pada kapasitas berfikir manusia. Berbagai penelitian akhir-akhir ini menunjukkan, masyarakat dari kebudayaan visual lebih dangkal daripada masyarakat yang dibesarkan oleh teks cetakan. Bayangkan, hasil dari teknologi informasi, yaitu berupa informasi yang banyak datang berseliweran, tapi sangat sedikit yang singgah dalam memori. Jadinya, tidak terbentuk pengetahuan yang koheren. Bandingkan dengan manusia produk mesin cetak: Soekarno, Tan Malaka, Mohammad Hatta, Sjahrir, dan lain-lain. Tidak hanya punya pengetahuan yang sangat luas dan mendalam, mereka juga rata-rata menguasai banyak bahasa.

Selain dangkal,  masyarakat sekarang lebih terbuka/transparan, spontan/tergopoh-gopoh, anti-formalitas, tidak suka yang serius, dan seterusnya. Lihat aja dalam respon orang terhadap tayangan TV. Sebarap banyak sih yang mau menyimak Talk Show bertema politik atau film dokumenter tentang perjuangan bangsa. Bandingkan dengan acara berbau komedi dan sinetron.

Perkembangan teknologi informasi, khususnya televisi dan internet, juga berkontribusi pada penciptaan masyarakat homogen: gaya berpakaian sama, cara bertutur sama, potongan rambut sama, dan lain sebagainya. Yang berada diluar “yang homogen” ini biasanya diberi label “unik” atau “kampungan”.

Televisi juga menembus hingga ke rumah-rumah rakyat, bahkan ke kamar-kamar tidur mereka. Siaran televisi, yang sebagian besar dikuasai oleh kapital besar, berkontribusi dalam penyebaran ideologi neoliberal, individualisme, dan kompormisme. Satu senjata yang paling efektif adalah opera sabun alias sinetron, yang telah membius massa rakyat dalam mimpi-mimpi kemewahan tanpa harus bekerja. Inilah candu dalam masyarakat kita saat ini.

Proses kolonialisme di Indonesia memerlukan penaklukan kebudayaan. Hal itu mutlak dilakukan untuk memaksa rakyat Indonesia dengan sukarela menerima penindasan yang ditimpakan oleh imperialis.

Salah satu medium yang digunakan oleh imperialis itu adalah teknologi informasi. Dengan begitu, imperialis berhasil memasokkan ideologi mereka—konsumerisme, individualisme, cabulisme, dan lain-lain—ke tiap-tiap kepala manusia Indonesia.

Berdasarkan data, jumlah pemirsa TV Indonesia setiap harinya mencapai 50 juta orang. Sedangkan pengguna internet sudah mencapai 55 juta orang. Hampir 80% pengguna internet itu adalah kaum muda. Sementara pemakaian telepon seluler alias Hand-Phone sudah mencapai 130 juta.

Situasi ini menggeser selera kesenian rakyat kita. Penggemar kesenian rakyat semakin menurun. Akibatnya, banyak pertunjukan kesenian rakyat berhadapan dengan ruangan atau pengunjung yang sepi. Kebudayaan rakyat berhadapan dengan dua pilihan: punah atau terkomoditifikasi.

Dampak lebih jauhnya adalah perubahan mental. Selain terpenjara oleh kebudayaan ‘hiper-konsumsi”, manusia-manusia Indonesia sekarang banyak kehilangan kesadaran atas ruang dan waktu. Orang semakin tercerabut dari realitas sosial dan makin terpenjara dalam dunia maya dan fantasi. Selain itu, teknologi informasi membuat  manusia dari berbagai belahan dunia makin tak berjarak, tetapi kenyataannya antara kita dan manusia di sekitar kita justru tak saling mengenal.

Menghadapi gempuran media dan manipulasinya, ahli Linguistik Noam Chomsky menganjurkan agar kita membangun benteng pertahanan yang disebut “intellectual self-defence”. Atau seperti pernah dikatakan filsuf Amerika Latin, Jose Marti: “Tak soal dunia tercangkokkan dalam Republik kami, tetapi batangnya harus tetap tumbuh dari dalam Republik kami.”

Dalam konteks itu, mestinya kita mempersenjatai rakyat dengan kesadaran kritis. Dengan begitu, mereka bisa melihat teknologi informasi sebatas kegunaanya, bukan pada ideologi yang dibawanya. Untuk proses ini diperlukan warisan budaya dan kepribadian bangsa kita. Tradisi dan kesenian rakyat yang progressif—bukan yang mistis dan takhyul– perlu dihidupkan dan diajarkan pada anak-anak kita.

Kita perlu membangkitkan kembali sastra nasional. Ini bisa dilakukan dengan berbagai jalan: menghidupkan kembali folklore (cerita-cerita rakyat) yang saat ini nyaris tergerus oleh modernisasi. Selain itu, seni drama atau teater rakyat—ludruk, ketoprak, lenong, dll—harus dihidupkan kembali. Kegiatan menulis—jurnalisme, karikatur, essai, novel, dll—juga harus digalakkan. Kesenian rakyat yang lain—musik, nyanyian, dan tarian—juga harus dikembangkan dengan disesuaikan perkembangan modern.

Dengan membangkitkan kesenian dan sastra nasional, maka kita akan menjahit kembali imajinasi rakyat akan masa depan yang lebih baik: masyarakat adil dan makmur. Dengan begitulah bangsa bisa hidup dan berjuang!

0 komentar:

Cakupan

1 Jutaan 2 Jutaan 22 Cakepan Komplit Wangsalan Sinden 3 Handphone Termahal Di Dunia 3 Jutaan 3 Smartphone 2017 New Dari SAMSUNG 3 SMARTPHONE TERMURAH 2017 4G LTE 3 SUREFIRE STEPS PUT THE AD CODE TO FLY 3 Toyota Products Expensive In Indonesia 3G 4 Jutaan 4 TINDAKAN PENYEBAB ANAK MENJADI PEMBOHONG Acer Advan Aku Ewa Alamat Service Center ALL NEW FREED Produk HONDA JEPANG 2017 Amerika Serikat Android Android Jelly Bean Aplikasi Apple Apple iPhone Apple iPhone 6S Apple iPhone 8 Release This Year Apple Watch Arjuna art ASUS ASUS AKAN RILIS SMARTPHONE BARU Asus Zenfone Atasi Kejang Otot Kaki avatar Award Baladev Bank Online Xiaomi Barrack Obama Berita Teknologi bhisma bima BlackMarket Blogger Blogspot Bogor budaya Budaya Jawa Budaya Jawa Warisan Leluhur Budaya Nginang /Nyirih Budaya Ruwatan budayajawawarisanleluhur Budhalan Lancaran Wrahatbala Kaseling Ladrang Samiran Laras Slendro Pathet Manyura Cakepan ( LIRIK) dan Notasi Lelagon Lancaran Simpang Lima Laras Pelog Pathet Nem Candi Cetho Cara Atasi Muntaber Cara Tradisional Penyakit Maag Cerita Sesaji Rajasuya Corolla dan Prius Hadir Di India Cubot dalang Dara Muluk Daydream Developer DHAYOHE TEKA Donald Trump Ducati will produce 50 Models In 2017-2020 Ekosistem Elephone S8 Will Release in 2017 ELING ELING PASEMON Ldr. Pl. 6 Facebook FERRARI F40 DIJUAL 13 MILIYAR Fitbit Gadget Game gamelan Gatal – Gatal (Pruritus) Gendhing Beksan Srimpi Ganda Kusuma Gonorhoe Google Hacker Handphone Lte Murah Infinix Hot 3 LTE X553 Harapan Penderita HIV AIDS Hardware Harga Harga Handphone Harga Handphone Android Harga HP Harga Smartphone Harga Smartphone Samsung HEALTY HERBAL Herbal Medications For Rheumatic Honor Huawei Huawei Mate 9 indonesia Indosat Info Seputar Kangker Info Teknologi INFORMASI INI DIA SI JENIUS SANGKUNI INI LAH TOKOH UTAMA DALAM PEWAYANGAN YANG MENJADI MOTIVASI PARA WANITA inspirasi Instagram Intel Internet iPhone Jadwal MotorGp 2017 Jakarta jazz Jineman Mendes Slendro Sanga (Cakepan dan Foto Notasi) Kamera 5MP Kamera DSLR KARAPAN SAPI MADURA Karya Anak Bangsa Kawasaki Lahirkan Ninja H2 Dan H2R Kesempatan Kerja Khasiat Kacang Adas Kisah Nyata Komputer Komputer Super Cepat Jepang KORBAN NISSAN NAVARA YANG PATAH TULANG BERUSIA 50 TAHUN Kreatifitas Unik Dan Jahil Anak Sekolah Krishna kurava Ladrang Kagok Semarang ( Notasi Dan Cakepan lakon Lancaran Ayun Ayun Tanjung Gunung Pelog Pathet Nem (cakepan dan foto notasi ) Lancaran GAMBUH Laras Pelog Pathet Nem Lancaran GAMBUH PANGATAG Lancaran Pelog Pathet Lima Lancaran GANDRUNG MANGU Laras Slendro Pathet Manyura Lancaran GOYANG SEMARANG Lancaran GUDHEG YOGYA Laras Pelog Pathet Lima Lancaran IRIS IRISAN TELA Lancaran KENDANG SEMARANG Lancaran KEPLOK AWE AWE Lancaran KUDA NYONGKLANG Lancaran LESUNG JUMENGGLUNG Lancaran LUMBUNG DESA Lancaran MAESA KURDA Lancaran MANGRO TINGAL Lancaran MANUK Lancaran Mikat Manuk Lancaran Mulya (KABE) Laras Slendro Pathet Sanga Lancaran Slendro Pathet Sanga Lancaran Slendro Pathet Sanga (lirik/Cakepan dan Foto Notasi) Lancaran Slendro pt. Manyura Langgam Ali - ali ( Cakepan dan Foto Notasi ) Langgam Caping Gunung ( Cakepan/ Lirik dan Foto Notasi ) Laptop Laras Pelog Pathet Barang Laras Pelog Pathet Nem Laras Slendro Pathet Manyura Laras Slendro Pathet Sanga Ldr. Dirgahayu Minggah Ktw. Pamuji dawah Lancaran Dolan Menyang Solo Pathet Slendro Manyura Leagoo LeEco Akan Rilis LeEco Dual 3 Tahun 2017 Legend Lenovo LG LG PJ9 Speaker Melayang 2017 Logika Teknologi mahabarata Masalah Mata Merah Masalah Rambut Melegakan Perut Menambah Nafsu Makan Mencegah Penyakit Liver Mencegah Reumatik Mencuci Luka Berdarah Mengatasi Amandel Mengatasi Batuk Mengatasi Demam Mengatasi Diare Mengatasi Disentri Mengatasi Influenza Mengatasi Jerawat Mengatasi Kencing Batu Mengatasi Keputihan Mengatasi Masalah Gusi Mengatasi Masalah Kulit Mengatasi Mulas Mengatasi Pencernakan yang Terganggu Mengatasi Pendarahan Rahim Secara Alami Mengatasi Rambut Rontok Mengatasi Sakit Pinggang Mengatasi Wasir Berdarah Menghilangkan Rasa Dingin Menghilangkan Rasa Lelah Mengobati Bibir Sariawan Menjadikan Suara Merdu Menurunkan Asam Urat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Meredakan Nyeri Sendi Mitsubihi Terjunkan Low MPV Tahun 2017 Motorola Musik Muslim Dilarang Masuk Amerika Naskah Pagelaran Wayang Lakon Anoman Duta New Action Movie The Fate of the Furious (Fast 8) Rilis 14 April 2017 New Nissan Serena Muncul Dengan Desain Sporty New Nokia Products Nintendo Nintendo Switch Nokia NOKIA 3310 AKAN RILIS BERSAMA ANDROID 3 Norma Jawa Notasi Dan Cakepan ( LIRIK ) Ladrang Ondhe - Ondhe Semarangan Pl. Br Ciptaan Ki Narto Sabdo Notasi dan Cakepan ( LIRIK ) Ladrang Pariwisata Bablas Lancaran Mbok Ya Mesem Notasi dan Cakepan (Lirik)Kaduk Rena Ketawang Slendro Sanga Notasi Gerongan Ladrang Sumyar Ladrang Laras Pelogl Pathet Barang Irama Tanggung Obat Rambut Rontok Oppo OTOMOTIF OTOMOTIF TOYOTA YARIS TERBARU 2017 Overcome Hair Loss Overcome Performance Slow Android Smartphone Panasonic pandawa Pembelajaran Penerapan Perang Gagal PERANG KEMBANG Pioneer Figure Of Campursari Ponsel Pulogadung puppet puppet java Quad Core Ransomware Realme Resep Makanan Review Sains dan Teknologi Sakit Kencing Nanag Sakit Kencing Nanah Samsung SANG SINDHEN MAESTRO NYI H.j SUPADMININGTYAS Sastra Search Engine Sejarah Kethoprak Sejarah Nama Buaya Hingga Menjadi Innova SENI sesaji Setyaki Lahir ( Balungan Lakon Bahasa Indonesia ) Seven Surefire Way Save Battery Life With Android Skuter NIU N1S Civic Smart City SMARTPHONE MURAH RAM 4 GB ASUS ZENFONE 2 ZE551ML Smartphone Produk Baru Dari LG Snapchat Software Sony Xperia Sony Xperia XZ 2017 Sosial Media Spesifikasi dan Harga APPLE IPHONE 5 C Spesifikasi Samsung SPESIFIKASI XIAOMI MI NOTE PRO Star Wars Menjadi Tema Smartphone Sharp Sukabumi Super Mario Tablet Tahun 2017 Xiaomi Hadirkan Mi7 Teknik Sabet Wayang TEKNOLOGI Teknologi Informasi Telkom Indonesia Telkomsel TENOLOGI Tentang Mifi Andromax M3z Tetap Langsing Setelah Melahirkan The Ancient Book Of The Beginning Shape Of Tembang ( Kakawin ) Tips Tips and Tricks Tips and Trik Traditional Medicine Ulcer Disease Treat A Swollen Tonsils Tugas MTI Tutorial Twitter Type Of Story Puppet ( Wayang Kulit ) Unique Smartlet 2017 visnu Vivo Wawancara wayang wisnu Xiaomi Yahoo Yamaha Youtube yudhistira