logo

Indonesia Masuk 10 Besar Pengguna Google Translate Terbanyak

Indonesia Masuk 10 Besar Pengguna Google Translate Terbanyak


Fitur Google Translate sering dipakai oleh masyarakat di Tanah Air untuk menerjemahkan bahasa asing. Tidak heran bila nama Indonesia masuk dalam daftar negara yang paling sering pakai fitur penerjemah besutan Google.

"Indonesia masuk 10 besar," ungkap Macduff Hughes, Engineering Director Google Translate saat video conference di kantor Google Indonesia, Senayan, Jakarta, Kamis 27 April 2017.

Kata Macduff, 50% konten yang ada di internet menggunakan bahasa Inggris. Sayangnya hanya 20% yang mengerti. Di situlah Google Translate hadir untuk menjembatani kondisi tersebut.

Sejak hadir 10 tahun lalu, Google Translate memang menjadi pilihan pengguna internet di dunia untuk menerjemahkan konten. Hingga saat ini lebih dari satu miliar pengguna aktif tiap bulannya.

Raksasa pencarian internet ini mencatat, dalam sehari, lebih dari satu miliar penerjemahan dilakukan lewat Google Translate. Selain itu ada lebih dari 140 miliar kata yang diterjemahkan.

"Google Translate tersedia dalam 103 bahasa, mencakup 99% populasi online. Dari jumlah tersebut 92% dari luar Amerika Serikat," klaim Macdaff.

Indonesia dinilai Google menjadi salah satu negara yang paling besar dan cepat pertumbuhannya dalam menggunakan fitur penerjemahannya. Tercatat, pertumbuhan penggjna tahunan (YoY) mencapai 50% pada perangkat Android.

Sementara di desktop, pertumbuhannya mencapai 94%. Sedangkan penerjemahan lewat perangkat mobile meningkat 354% dari tahun sebelumnya.

Hal ini pula yang menjadi alasan Google membawa teknologi teknologi Neural Machine Translation (NMT) ke dalam proses penerjemahan. Teknologi ini melihat kalimat secara keseluruhan, tidak lagi kata per kata.

Selain itu NMT menggunakan konteks yang lebih luas. Sehingga hasil terjemahan paling relevan dan sesuai dengan bahasa percakapan dengan tata bahasa yang tepat. "Mendekati penerjemahan yang dilakukan manusia," klaim Macdaff.

Fitur penerjemahan dengan teknologi NMT ini hanya bisa dipakai dari bahasa Indonesia ke Inggris atau sebaliknya. Belum bisa dari Indonesia ke bahasa asing lainnya.

Jika ingin membuktikan, dapat menggunakan di aplikasi Google Translate di Android dan iOS. Atau dapat mengakses di desktop dan penerjemahan otomatis di Google Chrome.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact