logo

Keindahan Luar Dalam Pada Pagelaran Wayang Kulit

Keindahan Luar Dalam Pada Pagelaran Wayang Kulit

Apresiasi nonton wayang, adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain membuat penasaran akan jalan cerita pagelaran wayang, juga bisa menikmati musik klasik suara gamelan dan vokal sinden.

Berkomunikasi dengan warga atau penonton adalah tantangan besar sang sutradara, sutradara di pagelaran tentu saja sang Dalang. Kemampuan membawa suasana adalah hal yang sulit dilakukan dan perlu mempunyai jam terbang yang fantastis.

Terjalin komunikasi dan pembawaan tokoh wayang akan membawa kenikmatan tersendiri pada dalang, yang akhirnya membuat penonton tahu akan isi cerita dan hikmah/ nilai yang terkandung pada jalan cerita wayang.

Dalam musik gamelan sendiri, para personil ( pengrawit ) diperlukan kerja sama dan tentu perpaduan rasa adalah hal yang sangat penting. Persatuan dalang dan pengrawit akan menambah greget suasana dan rasa pada setiap adegan.

Alunan sindhen membuat terasa nikmat sampai kehati. Pewayangan adalah suatu pertunjukan kompleks. Keterampilan olah musik, vokal, seni gerak, dan terpenting adalah nilai yang disampaikan tertanam oleh penonton dan menjadi serapan yang bermanfaat untuk menjalani kehidupan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact