logo

Mengenal Lebih Jauh Apa itu HTTP dan apa itu HTTPS

Mengenal Lebih Jauh Apa itu HTTP dan apa itu HTTPS

Penjelasan lebih lanjut Http dan Https pada blog
Penjelasan lebih lanjut Http dan Https pada blog

Pentingnya Mengetahui Dasar Ilmu HTTP dan HTTPS


Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai hal penting yang harus Kamu perhatikan jika Kamu mengaktifkan  https ini, Kita akan bahas sedikit apa perbedaan http dan https?

HTTP


HTTP atau HyperText Transfer Protocol adalah sebuah protokol jaringan dari lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

Penggunaan HTTP banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee.

Hingga saat kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP v1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP v1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi.

Dengan demikian, HTTP v1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

HTTPS


HTTPS atau HyperText Transfer Protocol Secure adalah versi aman dari HTTP, yaitu suatu protokol komunikasi dari World Wide Web atau biasa kita tahu dengan WWW. HTTPS ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.

HTTPS identik dengan http, karena mengikuti protokol dasar yang sama. Klien http atau https, seperti Web browser, membuat sambungan ke server pada port standar.

Ketika server menerima permintaan, ia mengembalikan status dan pesan, yang mungkin berisi informasi yang diminta atau menunjukkan kesalahan jika bagian dari proses berfungsi.

Kedua sistem menggunakan Uniform Resource Identifier yang sama (URI) skema, sehingga sumber daya dapat universal diidentifikasi. Penggunaan https dalam skema URI bukan http menunjukkan bahwa sambungan terenkripsi yang diinginkan.

Namun jika dibandingkan dengan HTTP, HTTPS punya kelebihan fungsi terutama dari sisi keamanan (secure) yang artinya jika Kamu menggunakan https untuk blog Kamu maka blog Kamu akan lebih aman jika dibandingkan dengan http karena setiap terjadi komunikasi data dari client dan server maka data akan di encripsi terlebih dahulu menggunakan Secure Socket Layer atau Transport Layer Security sehingga dapat terhindar dari penyadapan yang mungkin terjadi.

Baca Juga : Fitur Https Pada Blogspot

Fitur https ini biasanya sering digunakan di situs seperti e-commerce, banking dan juga lainnya yang banyak melibatkan transaksi data yang sifatnya sangat rahasia.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact