logo

Pengaruh Teknologi Informasi bagi Pelaku Dunia Bisnis

Pengaruh Teknologi Informasi bagi Pelaku Dunia Bisnis

Pelaku Dunia Bisnis yang Mengerti Teknologi Akan Lebih Mudah Menjalankan Bisnisnya
Teknologi Informasi adalah cikal bakal sebuah produk akan semakin bernilai jual tinggi. Pastinya akan membuat pelaku bisnis bisa meraup keuntungan yang lebih besar.

Modal dapat diminimalisir bagi pelaku-pelaku bisnis baru yang masih takut akan rugi besar. Bagaimana pengaruh Teknologi Informasi dapat membangkitkan pelaku bisnis baru lebih berani? (baca sampai akhir tulisan ini).

Pelaku bisnis internet semakin hari semakin ramai. Produk bisnis yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan bisnis cara konvensional, namun berbeda pada model pemasaran dan perbedaan juga dapat dilihat dari sumber produknya.

Dalam bisnis internet yang notabene adalah lingkup dari teknologi informasi juga bermacam-macam bidang dari bisnis produk jadi maupun jasa. Banyak yang menawarkan produk jasa seperti entertainment, wisata, travel, penginapan (hotel), dan lain-lain.

Pengaruh dari perkembangan TI (Teknologi Informasi) bagi dunia bisnis antara lain:

1. Cara memperoleh produk (Ketersediaan sumber produk)

Semakin berkembangnya IT tampak jelas mempengaruhi cara memperoleh produk dan dapat meminimalisir kerugian khususnya bagi para pelaku bisnis baru. Bisnis berjualan produk secara online mengenal adanya istilah dropship.

Dropship adalah cara memperoleh produk dimana dropshiper (pelaku) tidak harus memiliki stok barang. Pola kerja dropship dapat dicukupkan hanya mengenal produk yang akan dipasarkan dengan melengkapi deskripsi, nama produk yang dijual, harga, dan foto produk. Kemudian dropshiper dapat memulai proses promosi dan pemasaran. Tentunya bagi para pelaku bisnis baru dapat lebih berani untuk menjalankan bisnis dengan cara ini.

2. Pemasaran produk

Pemasaran sangat mempengaruhi nilai keuntungan. Mulailah untuk berpikir menjual produk dengan cakupan pasar yang lebih luas. Berjualan produk secara online dengan membuat sebuah website, membuka akun di social media seperti facebook dan twitter, dan menggunakan aplikasi bbm/line untuk menjual produk sudah menjadi trend saat ini.

Menjual produk dengan cakupan lebih luas meliputi luar kota, luar provinsi, bahkan menjual produk ke luar negeri sangat mudah dilakukan dengan semakin baiknya perkembangan teknologi informasi. Pemasaran produk secara online sangat didukung pula oleh jasa antar paket dalam dan luar negeri. Bijaklah dalam memilih jasa pengiriman paket karena ini akan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan nama baik usaha anda.

3. Komunikasi lebih cepat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tidak cukup satu dari pelanggan yang komplain karena hubungan komunikasi yang tidak baik, kurang lancar, atau karena pelanggan merasa kurang diberikan ruang untuk berinteraksi setelah terjadinya layanan jual-beli. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat diinstall di smartphone anda untuk mendukung layanan komunikasi antara pelanggan dengan pelaku bisnis untuk memberikan layanan interaktif.

Layanan ke pelanggan dapat lebih variatif seperti voice call, text messaging, atau video call. Semua itu sudah mudah dilakukan saat ini dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Sebut saja BBM, Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, Skype, dan lain-lain. Selain layanan purna jual tentunya berbagai macam aplikasi tersebut juga dapat mempercepat proses promosi ke pelanggan.

4. Sumber pengambilan keputusan yang cepat

Berbagai produk Teknologi Informasi dapat memudahkan Tim Manajemen untuk mengambil keputusan secara cepat.

Proses bisnis yang terjadi di lapangan dapat dipantau secara real time oleh pihak manajemen. Pemantauan kerja pada sebuah pabrik lebih mudah dengan monitoring CCTV, proses pengiriman barang dapat ditracking setiap saat, proses produksi sebuah usaha garment dan lain-lain dapat dipantau dengan menerapkan penggunaan teknologi informasi yang baik.

Dari contoh yang telah disebutkan pihak manajemen akan lebih cepat mengambil keputusan dengan melihat dan memantau data secara cepat dan mudah.

5. Memudahkan operasional

Presensi karyawan, penggajian karyawan, perhitungan keuangan perusahaan, pengelolaan stok barang, akan sangat mudah dilakukan dengan menerapkan teknologi informasi pada perusahaan. Harga perangkat lunak yang relatif tidak mahal dengan pilihan yang sangat bervariatif sekarang ini mudah didapatkan.

Dengan menerapkan teknologi informasi yang baik operasional kerja akan lebih mudah dikerjakan, dipantau, dan sebagai sumber pengambilan keputusan yang cepat.

Tulisan ini hanya memberikan ulasan sedikit tentang pengaruh dari perkembangan teknologi informasi yang biasa dilihat saat ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact