logo

Spesifikasi Drum Elektrik Yamaha

Spesifikasi Drum Elektrik Yamaha

Spesifikasi Yamaha DTX400K
Yamaha DTX 400K adalah seri drum elektrik dengan harga paling rendah dari yamaha. Untuk seri DTX 400 series, yamaha mengeluarkan 3 varian, DTX400K, DTX430K dan DTX450K. Untuk pasar indonesia hanya tersedia dua varian DTX400K dan DTX450K, dimana perbedaannya terletak pada Snare, Hihat Control dan Bass drum Pedal. Untuk DTX400K konfigurasinya sangat sederhana dimana semua pad baik snare, tom, hihat, cymbal semua bersifat single zone.
Module DTX400
Fitur yang disertakan di module DTX400
bisa dibilang cukup memadai apalagi mengingat harganya yang cukup rendah dibanding merk lain. Pada module DTX400 terdapat 10 jenis suara preset drum kit. Dimana setiap preset drumkit dapat di modifikasi suaranya per pad dari total 169 koleksi suara drum yang ada di dalam module tersebut (23 Snares, 21 Kicks, 36 Toms, 31 Cymbals, 16 Hi-Hats, 42 Percussions). Pada module tersedia USB Midi port, sehingga jika koleksi suara drum yang ada dianggap kurang, dapat dilakukan expansi dengan mengkoneksikannya ke laptop untuk menggunakan suara drum dari software vst seperti ezdrummer, addictive drum, BFD dll. Training function yang disertakan di module DTX400 juga terbilang cukup lengkap, ada 10 jenis tipe training function: Groove Check, Rhythm Gate, Measure Break, Tempo Up/Down, Change Up, Easy Session, Groove Tracker, Pad Gate, Part Mute, Fast Blast.
Sayangnya, module DTX400 tidak disertai layar, untuk pengubahan setting settingya dilakukan dengan menekan kombinasi tombol tombol yang ada dan membaca response lampu yang menyala, sehingga untuk operasional setting settingnya harus dilakukan dengan membaca manual booknya. Untuk pemilik Ipad/Iphone, keterbatasan ini dapat diatasi dengan menginstall Aplikasi DTX400 Touch, sehingga untuk menu user interfacenya dapat diakses melalui tampilan grafis yang jauh lebih user friendly di perangkat Ipad/Iphone. Untuk penggunaannya dibutuhkan kabel yamaha i-UX1 atau menggunakan Apple Cammera Connection Kit + Kabel USB (tipe kabel usb printer) untuk menghubungkan perangkat IPad/Iphone ke module DTX400
Sound Quality
Preset drum kit yang ada pada module DTX400 hanya tersedia 10 buah, yang dapat di customisasi dengan koleksi total sound 162 jenis.  Drumkit presetnya: Maple Custom, Oak Custom, Hard Rock, Vintage, Funk, Session, Jezz, R&B, Marching, Percussion. Jumlahnya tergolong sedikit, namun kualitas suaranya cukup baik dan cukup esensial untuk bermain bebagai genre musik.
Pad Configuration/Feel & Playbility
Pad yang digunakan pada DTX400K semuanya masih berupa pad karet single zone. Walaupun pad karet dtx400 materialnya sudah lebih lembut dibanding seri dtx sebelumnya, untuk feelnya masih terasa cukup keras dan kurang bouncenya. Hal yang sama juga terasa pada drum elektrik merk merk lain yang masih menggunakan pad karet. Untuk snare dan tomnya, DTX400K menggunakan pad karet single zone berukuran 7.5inch, sedangkan cymbal dan hihatnya menggunakan cymbal 10 inch single zone tipe pcy90 dengan holder mini. Kombinasi Rack, Holder cymbal dan tom tanpa holder khusus mengakibatkan drumset ini tidak dapat dilakukan banyak perubahan posisi. Holder cymbal memiliki kemiringan tetap dan ketinggian tetap tanpa bisa diubah ubah. Dan holder hihat yang berada satu tiang dengan snare membuat jarak posisi hihat dan snare sifatnya fixed tidak bisa diubah sesuai selera pemakai. Untuk kick pedal, DTX400K menggunakan Silent Kick Unit KU100, tidak seperti drumset yamaha seri lainnya yang mengguakan KickPad + Pedal akustik. Hal ini mengurangi secara signifikan feel bermain drum, karena tidak ada bounce sama sekali pada saat pemain drum melakukan kick bass drum.
Kesimpulan
Drum elektrik yamaha DTX400K ini jelas dibuat untuk membidik pasar segmen entry level/pemula dengan harga yang cukup terjangkau, module yang cukup baik dibanding produk lain dikelasnya. Namun sayangnya untuk menekan harga, terlalu banyak pengurangan dari konfigurasi pad yang digunakan. Kecuali budget memang benar benar terbatas, sebaiknya pertimbangkan seri DTX450K atau DTX522K yang secara signifikan sudah cukup baik untuk playbilitynya dengan selisih harga yang wajar.

Sumber asli : 
http://www.artechmusic.com/yamaha-dtx400k-review-drum-elektrik-murah-playbility-terbatas/

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact