Home » , » Pria Inggris Penakluk Virus Ransomware

Pria Inggris Penakluk Virus Ransomware

Marcus Hutchins sang penakluk virus Ransomware
Marcus Hutchins sang penakluk virus Ransomware
Blog Tekno - Seorang Pria bernama Marcus Hutchins sedang jadi sorotan setelah berhasil menjinakkan ransomware WannaCry. Pemuda asal Inggris berusia 22 tahun jelas sosok yang pintar walau kadang badung di masa lalunya.

Setelah berhasil menjinakkan WannaCry, dia sekarang bermitra dengan lembaga pemerintah Inggris, National Cyber Security Centre untuk mencegah versi baru WannaCry menyebar. Dan juga kebanjiran tawaran pekerjaan.

Marcus yang bekerja jarak jauh untuk perusahaan sekuriti Amerika Serikat, Kryptos Logic, masih tinggal di rumah orang tuanya di selatan Inggris bersama saudara lelakinya. Ia bekerja dari kamarnya yang kecil, menjinakkan WannaCry.

"Aku bahkan tidak yakin apakah orang tuaku sudah tahu perihal ini. Soalnya dalam tiga hariS Saya menatap komputer untuk menyelesaikan semua ini. Saya bukan pahlawan. Saya hanya seseorang yang mencoba menghentikan virus," tuturnya yang Kami kutip dari Mirror.

Marcus belajar soal sekuriti dan juga blog secara otodidak dan langsung diterima kerja oleh Kryptos Logic meski tidak lulus universitas, hanya menyelesaikan pendidikan setingkat SMA. Dia mengaku memang tak begitu gemar bersekolah.

"Ujianku tidak bagus. Saya tak begitu suka sekolah,S Saya menghindari pelajaran dan memilih belajar komputer. Saya tidak masuk universitas karena ada kesalahan di nilaiku," sebutnya.

Kepala sekolahnya dulu, Sharon Marshall, mengingat dengan jelas kalau Marcus memang pintar komputer. "Dia gemar dua hal, komputer dan berselancar,"

Berkat prestasinya menaklukkan WannaCry, Marcus pun jadi tenar. Ribuan email masuk tiap hari menawari pekerjaan dan banyak media ingin mewawancarainya. Sedangkan Kryptos Logic menghadiahinya cuti dan perjalanan ke San Francisco.

"Aku sampai memanjat pagar di belakang rumah untuk menghindari para jurnalis di depan rumah," tuturnya.

Motif Serangan Ransomware WannaCry

Sabtu, 13 Mei 2017 pagi, setelah solat Subuh, muncul berita di lini masa mengenai serangan ransomware kepada NHS, suatu sistem kesehatan di Inggris yang menjadi dasar layanan publik di sana. Segera, informasi tersebut dibagikan kepada grup ICSF (Indonesia Cyber Security Forum) untuk menjadi perhatian.

Tak dianya sama sekali, secara beruntun kemudian muncul laporan serangan dengan skala yang semakin luas dan berkembang masif sampai ke 150 negara dengan korban ratusan ribu komputer terinfeksi WannaCry. Akhirnya pemerintah turun tangan di hari Minggu untuk menenangkan suasana dan mengambil langkah-langkah preventif menghadapi krisis ini.

Saat ini setelah suasana mulai cooling-down, muncul pertanyaan siapa dalang dan apa sebenarnya motif serangan ransomware WannaCry? Untuk itu mari kita coba merunut fakta dan informasi yang berkembang beberapa hari belakangan ini.

1. WannaCry merupakan malware yang menyerang sistem Windows dengan memanfaatkan celah di SMB v1 melalui port 139 (NetBIOS)/445 (sharing file), 3389 (remote desktop) dengan mengenkripsi file dan meminta tebusan untuk membuka kunci tersebut. Bagaimana malware itu bekerja dengan membuat Doblepulsar backdoor dan menggunakan jaringan Tor agar susah dilacak.

2. Tools yang dipakai adalah Eternal Blue yang dicuri dari NSA Amerika oleh organisasi kejahatan siber Shadow Broker yang masih belum terlacak.

3. Malware ini adalah versi ke-2 setelah yang pertama WCry diluncurkan pada Februari 2017.

4. File yang terenkripsi sampai sekarang belum ada solusi untuk membukanya. Beberapa tool dari Mark Scott ataupun sensortech yang dicoba pada komputer korban, masih belum berhasil merestore file

5. Langkah yang paling tepat adalah mencegah malware ini masuk dengan melakukan patch seperti yang dikomunikasikan Kominfo. Apabila terlanjur terserang, hanya reformat dan re-install Windows yang bisa dilakukan dengan risiko data yang belum dibackup akan hilang.

6. Kerugian yang dialami Indonesia cenderung minimal, atau belum terkuak. Tercatat serangan ini melumpuhkan pelayanan satu rumah sakit serta beberapa komputer server obselete di sebuah BUMN (kerugian materialnya kecil kata Kadiv SIM bersangkutan) dan di kantor Samsat, sementara kita tahu betapa besar komunitas Windows bajakan di Indonesia.

7. Kerugian terbesar yang tercatat akibat serangan ini adalah Rusia yang mencapai lebih dari 70% dari serangan di seluruh dunia.

Sepertinya motif serangan adalah uang seperti yang dituntut oleh ransomware tersebut sebesar USD 300 dalam bentuk bitcoin. Namun setelah ditelusuri oleh Dimaz Ankaa Wijaya, tercatat hanya ada 3 wallet bitcoin yang semuanya ditulis manual (hardcoded)

1. 12t9YDPgwueZ9NyMgw519p7AA8isjr6SMw
2. 115p7UMMngoj1pMvkpHijcRdfJNXj6LrLn
3. 13AM4VW2dhxYgXeQepoHkHSQuy6NgaEb94

Sungguh menjadi pertanyaan karena dengan menggunakan metode pembayaran Bitcoin seperti yang digunakan oleh WannaCry, aplikasi akan sangat sulit menentukan apakah korban telah melakukan pembayaran.

Dengan demikian dapat diragukan apakah ransomware tersebut benar-benar menepati janjinya untuk "membebaskan" dokumen elektronik yang tersandera meskipun pembayaran telah dilakukan. Artinya malware ini memang sebenarnya tidak untuk diniatkan untuk menjadi ransomware.

Total transaksi per tulisan ini dibuat hanya sebanyak 217 dengan dana yang masuk sebesar 32.4 BTC atau sekitar Rp 800juta. Suatu angka yang kecil sekali dibandingkan begitu banyaknya komputer yang tersandera dengan begitu banyak sistem kritikal dengan data strategis yang terkunci, di seluruh dunia. Jadi, apa sebenarnya motif dari serangan ini?

Ardi Sutedja dari ICSF mendapatkan laporan mengenai varian baru dari ransomware ini dengan karakter yang lebih berbahaya: malware yang tidak memiliki kill switch, mampu bersembunyi di balik berbagai aplikasi, dan hibernate (tidur) dalam waktu yang cukup lama sebelum bangun kembali berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Artinya ransomware baru yang kita hadapi ini bukan sembarangkan ransomware, tapi sudah masuk kategori "Military Grade".

Jadi apakah pembuat WannaCry ini termasuk hacker pemula seperti yang dikemukakan Alex Hern? Menurut kami tidak. Memang diketahui ada beberapa varian WannaCry yang kemungkinan dibuat oleh orang yang berbeda, namun Ardi Sutedja meyakini dengan pola seperti ini, hacker adalah State Actor atau State Sponsored Attack.

Serangan yang terjadi pada Sabtu dan Minggu lalu di seluruh dunia diyakini hanyalah permulaan dari serangan-serangan senyap yang akan terjadi di kemudian hari. WCry pada Februari 2017 merupakan serangan test the water, WannaCry saat ini merupakan diversion attack, dan serangan intinya tersembunyi sampai entah kapan nanti diluncurkan.

Diperlukan kesiapan kita semua karena Cyber Security merupakan sebuah keahlian yang sangat langka untuk mampu mengantisipasi, mencegah dan menangkal - Hambatan, Tantangan, Ancaman & Gangguan di ruang siber nasional kita. Pemerintah perlu bertindak cepat dan tegas soal masalah ini.

0 komentar:

Cakupan

1 Jutaan 2 Jutaan 22 Cakepan Komplit Wangsalan Sinden 3 Handphone Termahal Di Dunia 3 Jutaan 3 Smartphone 2017 New Dari SAMSUNG 3 SMARTPHONE TERMURAH 2017 4G LTE 3 SUREFIRE STEPS PUT THE AD CODE TO FLY 3 Toyota Products Expensive In Indonesia 3G 4 Jutaan 4 TINDAKAN PENYEBAB ANAK MENJADI PEMBOHONG Acer Advan Aku Ewa Alamat Service Center ALL NEW FREED Produk HONDA JEPANG 2017 Amerika Serikat Android Android Jelly Bean Aplikasi Apple Apple iPhone Apple iPhone 6S Apple iPhone 8 Release This Year Apple Watch Arjuna art ASUS ASUS AKAN RILIS SMARTPHONE BARU Asus Zenfone Atasi Kejang Otot Kaki avatar Award Baladev Bank Online Xiaomi Barrack Obama Berita Teknologi bhisma bima BlackMarket Blogger Blogspot Bogor budaya Budaya Jawa Budaya Jawa Warisan Leluhur Budaya Nginang /Nyirih Budaya Ruwatan budayajawawarisanleluhur Budhalan Lancaran Wrahatbala Kaseling Ladrang Samiran Laras Slendro Pathet Manyura Cakepan ( LIRIK) dan Notasi Lelagon Lancaran Simpang Lima Laras Pelog Pathet Nem Candi Cetho Cara Atasi Muntaber Cara Tradisional Penyakit Maag Cerita Sesaji Rajasuya Corolla dan Prius Hadir Di India Cubot dalang Dara Muluk Daydream Developer DHAYOHE TEKA Donald Trump Ducati will produce 50 Models In 2017-2020 Ekosistem Elephone S8 Will Release in 2017 ELING ELING PASEMON Ldr. Pl. 6 Facebook FERRARI F40 DIJUAL 13 MILIYAR Fitbit Gadget Game gamelan Gatal – Gatal (Pruritus) Gendhing Beksan Srimpi Ganda Kusuma Gonorhoe Google Hacker Handphone Lte Murah Infinix Hot 3 LTE X553 Harapan Penderita HIV AIDS Hardware Harga Harga Handphone Harga Handphone Android Harga HP Harga Smartphone Harga Smartphone Samsung HEALTY HERBAL Herbal Medications For Rheumatic Honor Huawei Huawei Mate 9 indonesia Indosat Info Seputar Kangker Info Teknologi INFORMASI INI DIA SI JENIUS SANGKUNI INI LAH TOKOH UTAMA DALAM PEWAYANGAN YANG MENJADI MOTIVASI PARA WANITA inspirasi Instagram Intel Internet iPhone Jadwal MotorGp 2017 Jakarta jazz Jineman Mendes Slendro Sanga (Cakepan dan Foto Notasi) Kamera 5MP Kamera DSLR KARAPAN SAPI MADURA Karya Anak Bangsa Kawasaki Lahirkan Ninja H2 Dan H2R Kesempatan Kerja Khasiat Kacang Adas Kisah Nyata Komputer Komputer Super Cepat Jepang KORBAN NISSAN NAVARA YANG PATAH TULANG BERUSIA 50 TAHUN Kreatifitas Unik Dan Jahil Anak Sekolah Krishna kurava Ladrang Kagok Semarang ( Notasi Dan Cakepan lakon Lancaran Ayun Ayun Tanjung Gunung Pelog Pathet Nem (cakepan dan foto notasi ) Lancaran GAMBUH Laras Pelog Pathet Nem Lancaran GAMBUH PANGATAG Lancaran Pelog Pathet Lima Lancaran GANDRUNG MANGU Laras Slendro Pathet Manyura Lancaran GOYANG SEMARANG Lancaran GUDHEG YOGYA Laras Pelog Pathet Lima Lancaran IRIS IRISAN TELA Lancaran KENDANG SEMARANG Lancaran KEPLOK AWE AWE Lancaran KUDA NYONGKLANG Lancaran LESUNG JUMENGGLUNG Lancaran LUMBUNG DESA Lancaran MAESA KURDA Lancaran MANGRO TINGAL Lancaran MANUK Lancaran Mikat Manuk Lancaran Mulya (KABE) Laras Slendro Pathet Sanga Lancaran Slendro Pathet Sanga Lancaran Slendro Pathet Sanga (lirik/Cakepan dan Foto Notasi) Lancaran Slendro pt. Manyura Langgam Ali - ali ( Cakepan dan Foto Notasi ) Langgam Caping Gunung ( Cakepan/ Lirik dan Foto Notasi ) Laptop Laras Pelog Pathet Barang Laras Pelog Pathet Nem Laras Slendro Pathet Manyura Laras Slendro Pathet Sanga Ldr. Dirgahayu Minggah Ktw. Pamuji dawah Lancaran Dolan Menyang Solo Pathet Slendro Manyura Leagoo LeEco Akan Rilis LeEco Dual 3 Tahun 2017 Legend Lenovo LG LG PJ9 Speaker Melayang 2017 Logika Teknologi mahabarata Masalah Mata Merah Masalah Rambut Melegakan Perut Menambah Nafsu Makan Mencegah Penyakit Liver Mencegah Reumatik Mencuci Luka Berdarah Mengatasi Amandel Mengatasi Batuk Mengatasi Demam Mengatasi Diare Mengatasi Disentri Mengatasi Influenza Mengatasi Jerawat Mengatasi Kencing Batu Mengatasi Keputihan Mengatasi Masalah Gusi Mengatasi Masalah Kulit Mengatasi Mulas Mengatasi Pencernakan yang Terganggu Mengatasi Pendarahan Rahim Secara Alami Mengatasi Rambut Rontok Mengatasi Sakit Pinggang Mengatasi Wasir Berdarah Menghilangkan Rasa Dingin Menghilangkan Rasa Lelah Mengobati Bibir Sariawan Menjadikan Suara Merdu Menurunkan Asam Urat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Meredakan Nyeri Sendi Mitsubihi Terjunkan Low MPV Tahun 2017 Motorola Musik Muslim Dilarang Masuk Amerika Naskah Pagelaran Wayang Lakon Anoman Duta New Action Movie The Fate of the Furious (Fast 8) Rilis 14 April 2017 New Nissan Serena Muncul Dengan Desain Sporty New Nokia Products Nintendo Nintendo Switch Nokia NOKIA 3310 AKAN RILIS BERSAMA ANDROID 3 Norma Jawa Notasi Dan Cakepan ( LIRIK ) Ladrang Ondhe - Ondhe Semarangan Pl. Br Ciptaan Ki Narto Sabdo Notasi dan Cakepan ( LIRIK ) Ladrang Pariwisata Bablas Lancaran Mbok Ya Mesem Notasi dan Cakepan (Lirik)Kaduk Rena Ketawang Slendro Sanga Notasi Gerongan Ladrang Sumyar Ladrang Laras Pelogl Pathet Barang Irama Tanggung Obat Rambut Rontok Oppo OTOMOTIF OTOMOTIF TOYOTA YARIS TERBARU 2017 Overcome Hair Loss Overcome Performance Slow Android Smartphone Panasonic pandawa Pembelajaran Penerapan Perang Gagal PERANG KEMBANG Pioneer Figure Of Campursari Ponsel Pulogadung puppet puppet java Quad Core Ransomware Realme Resep Makanan Review Sains dan Teknologi Sakit Kencing Nanag Sakit Kencing Nanah Samsung SANG SINDHEN MAESTRO NYI H.j SUPADMININGTYAS Sastra Search Engine Sejarah Kethoprak Sejarah Nama Buaya Hingga Menjadi Innova SENI sesaji Setyaki Lahir ( Balungan Lakon Bahasa Indonesia ) Seven Surefire Way Save Battery Life With Android Skuter NIU N1S Civic Smart City SMARTPHONE MURAH RAM 4 GB ASUS ZENFONE 2 ZE551ML Smartphone Produk Baru Dari LG Snapchat Software Sony Xperia Sony Xperia XZ 2017 Sosial Media Spesifikasi dan Harga APPLE IPHONE 5 C Spesifikasi Samsung SPESIFIKASI XIAOMI MI NOTE PRO Star Wars Menjadi Tema Smartphone Sharp Sukabumi Super Mario Tablet Tahun 2017 Xiaomi Hadirkan Mi7 Teknik Sabet Wayang TEKNOLOGI Teknologi Informasi Telkom Indonesia Telkomsel TENOLOGI Tentang Mifi Andromax M3z Tetap Langsing Setelah Melahirkan The Ancient Book Of The Beginning Shape Of Tembang ( Kakawin ) Tips Tips and Tricks Tips and Trik Traditional Medicine Ulcer Disease Treat A Swollen Tonsils Tugas MTI Tutorial Twitter Type Of Story Puppet ( Wayang Kulit ) Unique Smartlet 2017 visnu Vivo Wawancara wayang wisnu Xiaomi Yahoo Yamaha Youtube yudhistira