logo

Arti Kasusastran Dan Pengertiannya

Apakah yang dinamakan kasusastran itu?

Kata kasusatran berasal dari kata dasar susastra, dan diberi imbuhan ke - an. Susastran sendiri sebenarnya adalah kata dasar kedua, karena dapat diuraikan juga, yakni su dan sastra.

Keduanya berasal dari Sanskerta, Su mempunyai makna atau arti baik, dan sastra bermakna tulisan. kata susastra bila dalam bahasa Indonesia pemakaianya tidak hidup, terkecuali mempunyai bentuk kata kasusastran.

Sekarang pengertian susastra dipakai sastra saja karena kasusatran mengadung pengertian jamak, yakni yang meliputi sastra.

Definisi kata sastra atau kasusastraan menurut Usman Effendy aalah sebagai berikut:

" Kasusatraan/Sastra ialah ciptaan manusia dalam bentuk bahasa lisan maupun tulisan yang dapat menimbulkan rasa bagus". (Kasusastraan Indonesia kl 1 SMA : 1).
Jadi buku yang sifatnya laporan atau karangan tidak termasuk sastra, karena tidak mempunyai rasa bagus/indah.

Dewasa ini kata kasusastraan mempunyai kandungan/pengertian sempit, jadi apabila kita membicarakan kasusatraan tidak ada yang berfokus pada buku-buku ilmu pengetahuan, laporan, kitab undang-undang dan lain sebagainya, tetapi akan terarah pada hasil karya pujangga yang tersohor.

Kasusastraan Indonesia artnya adalah semua hal yang meliputi sasta indonesia.

Penyelidikan terhadap kasusatraan Melayu sebagai awal mula kasusatraan Indonesia, menemui kesulitan bila kita ingin meyelidiki hasil kesusastraan lama.

Hasil dari kasusastraan Melayu lama, yang diwariskan kita sangat sedikit. Sumber sastra Melayu tertua diperkiraan hanya Sejarah Melatu karangan Tun Muhammad Sri Lanang (1615).

Oleh karena itu piagam-piagam yang tertera di prasasti, yang terdiri atas beberapa kata / kalimat, menjadi dasil sastra tertua.

Sastra adalah karya manusia, dan hasil dari sastra dapat disebut demikian apa bila sudah mengandung segi bahasa dan segi isi, Apabila kedua segi tersebut terpenuhi, barulah karya dapat disebut hasil Sastra.

Kasusastraan dapat dikatakan dengan seni bahasa dan seni sastra. Seni apa saja selain seni sastra?, yakni seni tari, seni rupa, seni lukis, seni pahat, seni suara, seni pedhalangan itu semua menjadi cabang dari lingkup kesenian.

Kebudayaan merupakan hasil akal dan budi manusia, dan ini membuktikan kesenian berhubungan erat dengan kebudayaan. Cabang dari kebudayaan adalah kerajinan, kesopanan, teknik, ilmu.

Beberapa karangan golongan kasusatraan disebut karya sastra.

Karya sastra Indonesia disebut demikian karena bahasa Indonesia adalah pengantarnya. Karya sastra Inggris demikian juga, karena Bahasanya menggunakan bahasa dari Inggris.

Misalnya saja karya sastra Inggris yang berjudul REVOLTIN PARADISE, isi dari karya tersebut adalah tentang revolusi Indonesia, akan tetapi menggunakan bahasa Inggris.

Karya Sastra dibagi dan dikelompokkan menjadi 4 yakni:

  • Prosa
  • Puisi
  • Liris Prosa
  • Drama
Nantikan diartikel tentang sastra selanjutnya. Sekian.



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact