logo

Seni Kriya/Seni Kerajinan Tangan

Benda - benda hasil karya seni kriya (kerajinan) akan menunjukkan nilai kegunaan yang ditunjang dengan nilai keindahan. Bentuk kriya seni rupa terapan bisa berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi. Bentuk benda diolah sedemikian rupa dan disesuaikan dengan kegunaan/fungsi dari benda tersebut.

Benda- benda hasil karya seni kriya dibuat dengan beberapa teknik seperti batik, sulam, tenun, bordir ukir dan lukis. Teknik yang digunakan oleh para pengrajin seni kriya disesuaikan dengan jenis benda yang akan diciptakan. Faktor lain yang berpengaruh adalah daerah pembuatan karya seni, hal ini dikarenakan setiap daerah mempunyai sumber daya alam yang berbeda-beda.

Seni Kerajinan memiliki beberapa kegunaan seperti hiasan, mainan dan benda pakai.

A. Mainan
Pada umunya hasil karya seni kerajinan dibuat dengan sederhana dan mempunyai bajet yang relatif murah. Contoh saja mobil mainan, patung/boneka dan lain lain.


B. Hiasan
Hasil karya seni kerajinan sebagai dekorasi yang mementingkan unsur keindahan dan fungsinya. Biasanya untuk hiasan disebuah ruang. Contoh saja kantor dan rumahnya, misalnya wayang, pot, lukisan, guci, relief dan sejenisnya.


C. Benda pakai
Hasil dari seni kriya berfungsi sebagai benda lebih diutamakan fungsi dari unsur keindahan. Sebagai contoh piring, gelas, dan alat keseharian.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact