logo

Memperbandingkan Sensor Sidik Jari Honor 10 With Galaxy S9 Plus And iPhone 8 Plus

Memperbandingkan Sensor Sidik Jari Honor 10 With Galaxy S9 Plus And iPhone 8 Plus

Memperbandingkan Sensor Sidik Jari Honor 10 dengan Galaxy S9 Plus dan iPhone 8 Plus
Memperbandingkan Sensor Sidik Jari Honor 10 dengan Galaxy S9 Plus dan iPhone 8 Plus

Peluncuran Honor 10 di Old Billingsgate, London, Inggris. 
Honor 10 mempunyai salah satu fitur yang cukup dijagokan kecuali kamera AI ialah fingerprint sensor atau sensor sidik jari. Berbeda dengan flagship telepon pintar kebanyakan, sidik jari pada Honor 10 tertanam di bawah kaca.

Alih-alih hadir di komponen belakang bodi atau tertanam pas di tombol Home di komponen depan telepon pintar, sidik jari Honor 10 bertengger di bawah bezel dan di bawah kaca.

Presiden Honor George Zhao mengklaim, penempatan sensor sidik jari hal yang demikian bertujuan supaya lebih peka dan responsif. Langkah ini dapat dibilang sebagai terobosan terupdate dan pertama di industri telepon pintar.

"Ini yaitu sensor sidik jari pertama yang tertanam di bawah layar. Solusi ini adalah hasil kerja sama Honor dengan Qualcomm," kata George ketika acara peluncuran Honor 10 di Old Billingsgate, London, Inggris.

Dia mengatakan, Honor 10 mengadopsi pemindai sidik jari kaca ultrasonik generasi kedua. Dengan teknologi ini, George menambahkan, pengguna tidak perlu kuatir saat jarinya berkeringat (berair).

Untuk menggambarkan kecakapan sensor sidik jari pada Honor 10, George menunjukkan sebuah video yang menampakkan perbandingkan kecakapan sensor sidik jari antara Honor 10, Samsung Galaxy S9 Plus, dan iPhone 8 Plus.

Walhasil, bagus sensor sidik jari Samsung Galaxy S9 Plus dan iPhone 8 Plus tak dapat mendeteksi jari yang berair. Sementara sensor sidik jari Honor 10 dapat berfungsi dengan bagus ketika dioperasikan dengan jari berair.

"Dengan keadaan jari yang kering, kau dapat melaksanakannya (membuka telepon pintar gunakan sidik jari) dengan gampang, melainkan ketika keadaan jari berair cuma Honor 10 yang dapat berfungsi," paparnya di atas pentas.

Kamera AI di Honor 10

Di sisi lain, Honor 10 juga mempunyai keunggulan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada kamera utama ataupun kamera selfie-nya.

Honor tidak sembarangan dalam mengoptimalkan teknologi ini. Presiden Honor George Zhao membongkar perusahaan sudah menjalankan pengembangam kecerdasan buatan untuk dibenamkan di produknya selama tiga tahun.

"Honor mulai menjalankan pengembangan AI di telepon pintar semenjak tahun 2013. Kami lalu memakainya di Honor Magic pada 2016 dan Honor View 10 yang diluncurkan pada 2017," ujar George.

Sementara untuk pengembangan Honor 10 sendiri, dia menuturkan sudah menyiapkannya semenjak setahun lalu. "Untuk Honor 10, kami sudah menyiapkan telepon pintar hal yang demikian semenjak setahun lalu," sebut George.

Mengenai AI, dia mengklaim konsep AI yang diaplikasikan di Honor berbeda dengan brand lain. Menurutnya, AI yang tertanam di telepon pintar Honor, termasuk Honor 10 yaitu versi AI yang hakekatnya.

"Sesudah kami meluncurkan Honor Magic dan Honor View 10, sebagian brand telepon pintar mengklaim sudah mempunyai AI. Kau bisa memandang perbedaan, di mana mereka tak mempunyai hardware AI yang memadai," kata George menerangkan.

Hardware yang dimaksud yaitu dukungan Neural Processing Unit (NPU) independen yang memilki kecakapan lebih mumpuni, daripada Snapdragon 845 dan Apple A11.

Kecakapan AI di kamera Honor 10 dijelaskan melewati sensor kamera utama ganda yang masing-masing beresolusi 24 MP dan 16 MP di serta kamera selfie 24 MP. Berkat teknologi AI, kamera Honor 10 cakap mendeteksi lebih dari 500 skenario di 22 klasifikasi secara real time ketika mengambil foto.

"Untuk Honor 10, kami mempelajari sebagian teknik fotografi berbeda-beda yang dijalankan para fotografer profesional. Kami mencari formula pas untuk menjadikan foto luar biasa. Dengan Honor 10, segala orang dapat memfoto layaknya fotografer profesional,\" pungkasnya.

Spesifikasi Honor 10
Soal spesifikasi, Honor 10 diperkuat prosesor Kirin 970 yang dipadu RAM 6GB. Telpon dengan layar 5,84 inci (2280 × 1080 piksel/rasio aspek 19:9) ini mengerjakan EMUI 8.1 berbasis Android 8.1 dan disokong baterai 3.400mAh berteknologi fast charging.

Untuk fitur fotografi, Honor 10 dilengkapi kamera belakang ganda dengan konfigurasi 24MP + 16MP dan kamera selfie 24MP. Kamera belakang mendorong aperture f/1.8, phase detection autofocus, dan kecerdasan buatan.

Sementara kamera selfie yang ada di Honor 10 dipersenjatai aperture f/2.0. Tidak tertinggal, kamera depan telepon pintar ini juga mempunyai fitur kecerdasan buatan AI Beauty dan potret AI.

Kapan Meluncur di Indonesia?
Telpon yang mempunyai keunggulan di kamera, desain, dan layar ini akan meluncur di 26 negara termasuk Indonesia secara berjenjang mulai 15 Mei 2018.

Lalu, kapan Honor 10 akan mulai tersedia di Indonesia? Presiden Honor George Zhao membongkar, Honor 10 akan melenggang di Tanah Air sekitar akhir Juni 2018.

"Honor 10 akan tersedia di pasar Indonesia sekitar akhir Juni 2018," ungkap George 

Dalam peluang ini dia juga mengatakan, regu Honor Indonesia sudah menyiapkan seluruh hal untuk peluncuran Honor 10 di Indonesia.

"Regu Honor Indonesia sudah menyiapkan seluruh sesuatu untuk peluncuran Honor 10 di Indonesia. Kami juga sudah berbicara soal cara kerja produksi di Indonesia\" sebut George menambahkan.

Tetapi sayang, George belum membongkar soal harga Honor 10 di Indonesia. Untuk dikenal, di pasar Eropa telepon pintar ini dibanderol dengan harga 339 euro atau Rp 6,6 juta (model 64GB) dan 449 euro atau Rp 7,4 juta (model 128GB).

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact