Smartphone Sering Lowbat Saat Berpergian? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Konten [Tampil]
Siapa sih yang sanggup hidup tanpa smartphone? Di jaman serba maju ini, smartphone ialah salah satu gadget yang sanggup dibilang dilarang ketinggalan. Hampir setiap orang membawa smartphonenya ketika berpergian dalam jarak bersahabat ataupun jauh, bahkan ketika ke kamar mandi sekalipun.

Peran smartphone yang penting ini tidak terlepas dari banyaknya hal yang sanggup Anda lakukan dengan gampang hanya dengan bermodalkan smartphone, terlebih untuk berkomunikasi dengan orang lain.



Berbagai jenis smartphone pun sanggup didapatkan dan spesifikasi yang berbeda atara satu smartphone dengan lainnya. Ketika punya smartphone pun Anda perlu merawatnya dengan telaten supaya tidak cepat rusak dan mengakibatkan tabungan Anda terkuras karenanya.

Apabila Anda kurang punya waktu untuk merawat smartphone maka sanggup timbul kerusakan sewaktu-waktu. Berbagai duduk masalah smartphone pun juga beragam, salah satunya ialah baterai smartphone yang cepat habis. Apakah Anda juga pernah mengalami permasalahan satu ini?

Kecerobohan Anda Ternyata Bisa Menyebabkan Smartphone Cepat Lowbat, Inilah Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis


Smartphone yang tiba-tiba lowbat tentunya tidak ingin dialami oleh siapa saja, terutama ketika Anda sedang berpergian jarak jauh dan butuh untuk tetap berkomunikasi dengan orang lain. Untungnya ketika ini banyak toko yang menyediakan stop kontak sehingga Anda sanggup beristirahat sembari mengecharge smartphone dan melanjutkan kembali perjalanan.


Namun Anda perlu curiga kalau baterai smartphone ini terus menerus habis dalam jangka waktu yang cepat. Biasanya baterai yang cepat habis ini pertanda kalau ada yang salah dengan smartphone Anda. Lalu apa sebetulnya yang mengakibatkan baterai smartphone cepat habis?

Nah berikut ialah beberapa hal yang memicu terkurasnya baterai smartphone:

  1. Charger smartphone yang bermasalah
  2. Ternyata penyebab baterai smartphone bukan hanya disebabkan oleh keadaan smartphone, namun juga sanggup lantaran faktor eksternal menyerupai kondisi dari charger itu sendiri.

    Apabila charger Anda sudah bermasalah, maka baterai smartphone pun juga cenderung akan cepat habis atau membutuhkan waktu lama dalam pengisiannya. Sebaiknya Anda segera beli charger yang gres sebelum timbul kerusakan lainnya pada smartphone kesayangan.

  3. Banyaknya aplikasi “pemakan baterai"
  4. Banyaknya aplikasi yang ada di smartphone Anda ternyata juga sanggup memakan banyak baterai lho! Biasanya aplikasi yang memakan banyak kawasan serta baterai ialah banyak sekali game online, terlebih kalau Anda lupa keluar dari game tersebut meskipun sudah tidak memainkannya lagi.

    Apabila kebiasaan ini terus terulang, jangan salahkan kalau baterai smartphone pun juga akan cepat habis. Selain game, Anda juga perlu memastikan apakah ada aplikasi lain yang memang mengonsumsi banyak baterai melalui hidangan Settings. Tidak ada salahnya untuk mencopot pemaangan aplikasi tersebut sebelum smartphone benar-benar rusak.

  5. Baterai smartphone yang sudah lama
  6. Umur pemakaian smartphone ternyata juga mempengaruhi daya baterai smartphone tersebut lho! Baterai smartphone yang bermasalah ini biasanya terjadi ketika smartphone sudah memasuki usia pemakaian satu tahun ke atas. Anda sanggup beli baterai gres untuk mengganti baterai bawaan yang sudah rusak untuk meminimalisir smartphone kembali nge-drop di lain waktu.

  7. Fitur Auto-Brightness yang aktif
  8. Fitur smartphone lainnya yang juga memicu baterai cepat habis ialah aktifnya fitur Auto-Brightness. Rasa malas Anda untuk mengatur sendiri tingkat kecerahan layar smartphone ternyata sanggup menyedot baterai dan akan merugikan diri Anda sendiri. Oleh lantaran itulah sebaiknya Anda segera menonaktifkan fitur ini dan mengatur tingkat kecerahan layar seperlunya.

Apabila Baterai Smartphone Cepat Habis, Ini Tips Untuk Menghemat Baterai Smartphone yang Bisa Dicoba


Pastinya sudah lebih paham kan apa saja yang ternyata mengakibatkan baterai smartphone cepat terkuras? Apakah ini saatnya Anda untuk beralih ke baterai atau bahkan smartphone gres apabila baterai smartphone memang sudah tidak sanggup berfungsi menyerupai sedia kala? Eits tunggu dulu! Ada beberapa tips yang sanggup Anda coba untuk sanggup menghemat baterai supaya tidak ada lagi baterai yang tiba-tiba ngedrop atau bahkan mati.

Nah berikut ialah beberapa tips menghemat baterai smartphone yang sanggup Anda coba:

  • Tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai
  • Penggunaan aplikasi smartphone secara berlebihan akan menguras baterai smartphone bahkan sanggup mengakibatkan baterai menjadi panas dan lama kelamaan smartphone pun sanggup rusak karenanya.

    Oleh lantaran itulah sebaiknya Anda perlu sering cek aplikasi apa saja yang berjalan dan tutup aplikasi yang sekiranya memang tidak akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya Anda hanya mengaktifkan 2 sampai 3 aplikasi saja dalam sekali waktu.

  • Turunkan tingkat kecerahan layar smartphone
  • Siapa sangka kalau tingkat kecerahan layar juga mengakibatkan baterai cepat terkuras? Sebaiknya Anda hanya memakai tingkat kecerahan layar seperlunya saja lantaran sinar yang terlalu terperinci juga akan menciptakan Anda tidak nyaman selama memakai smartphone. Anda sanggup mengatur tingkat kecerahan ini secara manual melalui hidangan Settings.

  • Gunakan aplikasi Ad Blocker
  • Banyaknya iklan yang bermunculan di smartphone juga sering mengakibatkan baterai smartphone cepat terkuras. Iklan ini biasanya muncul ketika Anda mengakses situs yang tidak safety dan sanggup jadi justru membawa virus ke smartphone. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, tidak ada salahnya untuk memasang aplikasi penangkal iklan alias Ad Blocker yang sanggup Anda dapatkan secara gratis.

  • Non aktifkan notifikasi yang tidak penting
  • Sering kali Anda membiarkan saja notifikasi dari beberapa aplikasi lantaran dianggap tidak penting. Namun semakin banyak notifikasi yang Anda sanggup justru mengakibatkan baterai smartphone juga cepat terkuras. Oleh lantaran itulah sebaiknya Anda mengatur ulang apa saja aplikasi yang segera menawarkan notifikasi dan tunda notifikasi dari aplikasi lainnya yang Anda anggap tidak penting.

Baterai Smartphone Masih Cepat Habis? Melakukan Flash Pada Smartphone Bisa Makara Solusinya


Nah pastinya kini sudah tidak resah lagi kan bagaimana cara yang sempurna untuk menghemat baterai smartphone kesayangan? Namun apa yang harus dilakukan apabila baterai juga masih cepat habis meskipun sudah melaksanakan tips yang disebutkan barusan? Sebelum membawa smartphone ke kawasan service, tidak ada salahnya Anda melaksanakan hard reset terlebih dahulu.

Hard reset sanggup di lakukan dengan dua cara yaitu :

  • Melalui pengaturan atau setting di dalam hidangan handphone
  • Buka hidangan pengaturan, cari hidangan factory reset / kembali ke pengaturan pabrik. Kemudian klik hidangan tersebut. Proses factory reset ini biasanya membutuhkan waktu selama beberapa menit. Umumnya proses ini memakan waktu sekitar 10 menit.

  • Melalui hidangan recovery mode
  • Matikan android, tekan tombol volume atas atau volume bawah bersama dengan tombol power. Setiap tipe handphone android caranya berbeda-beda.

Setelah handphone menyala segera lepaskan kedua tombol tersebut. Anda akan masuk ke hidangan recovery mode, kemudian cari dan klik hidangan kembali ke pengaturan pabrik / factory reset dan sebagainya tergantung tipe handphone android anda.

Selesainya proses hard reset ini ditandai dengan smartphone merestart atau memulai ulang.

Anda pun sanggup memakai smartphone kembali menyerupai sedia kala. Praktis bukan untuk melaksanakan hard reset pada smartphone android. Satu hal yang perlu Anda ingat ialah untuk rutin mengecek kondisi smartphone terutama pada penggalan baterai lantaran rentan rusak. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Smartphone Sering Lowbat Saat Berpergian? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel